Kemenhub Ciduk 4 Kapal Ilegal di Batam, 3 Asing dan 1 Lokal

Kompas.com - 29/03/2022, 22:00 WIB


KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama sejumlah instansi terkait mengamankan 4 kapal ilegal. Dari jumlah tersebut, 3 di antaranya adalah kapal asing.

Penangkapan kapal ilegal tersebut dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam bersama Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Uban dan Bea Cukai.

Kapal-kapal yang diamankan yakni kapal tugboat TB An Ding dan TB An Rong berbendera Singapura, kapal tanker MT Lynx Satu berbendera Malaysia, serta kapal tanker MT Tutuk berbendera Indonesia.

Baca juga: Jelang Masa Mudik Lebaran, Kemenhub Mulai Cek Kelaikan Kapal Laut

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Capt Mugen Sartoto menjelaskan, pengangkapan kapal-kapal ilegal ini dilakukan ketika pihaknya melakukan patroli bersama.

Patroli tersebut merupakan penegakan hukum terhadap kapal-kapal yang melanggar aturan, melaksanakan kegiatan tanpa izin dari Syahbandar dan juga berpotensi hilangnya Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) akibat dari kegiatan-kegiatan illegal (tanpa izin).

Saat diamankan, kapal tersebut tengah melakukan kegiatan Ship to Ship tanpa izin, di perairan Kota Batam dan tanpa adanya dokumen perizinan yang lengkap.

Terhadap kapal-kapal tersebut secara terpisah telah dilakukan proses hukum yang berlaku sesuai ketentuan.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Salurkan Bahan Bakar untuk Kapal Besar di Selat Malaka

"Kapal berbendera Singapura TB An Ding GT 274 diperiksa pada tanggal 21 Februari 2022 oleh kapal patroli milik Kantor KSOP Khusus Batam KN P376 diduga melanggar UU Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran yaitu melakukan kegiatan tanpa izin," ujar Capt Mugen dalam keterangannya, Selasa (29/3/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.