Intip Kesiapan 66 Jalan Tol Sepanjang 2.500 Km untuk Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 30/03/2022, 10:19 WIB


KOMPAS.com - Hingga saat ini, sepanjang 2.500 Km atau tepatnya 2.499,99 Km jalan tol telah beroperasi di Indonesia yang terdiri dari 66 ruas tol dengan status beroperasi.

Ruas-ruas tersebut tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi yang dikelola oleh 46 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) atau perusahaan jalan tol.

Bagaimana kesiapan jalan tol di Indonesia untuk mudik Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 H?

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menyampaikan penjelasan terkait hal ini.

Baca juga: Update Tarif Tol Surabaya-Madiun 2022 untuk Mobil Pribadi

Dia menegaskan, BPJT Kementerian PUPR dalam mendukung pelaksanaan kelancaran arus mudik Lebaran 2022 akan fokus pada beberapa hal sebagai berikut:

  • Peningkatan pelayanan di jalan tol dengan memastikan kualitas jalan tol dengan kondisi baik
  • Peningkatan layanan transaksi
  • Peningkatan layanan tempat istirahat dengan protokol kesehatan Covid-19
  • Peningkatan layanan lalu lintas di jalan tol
  • Peningkatan layanan konstruksi
  • Kesiapsiagaan antisipasi penanganan bencana melalui kerjasama dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan dan BNPB beserta stakeholder terkait

Jalan tol wajib bebas lubang H-15 Lebaran

Danang mengaku telah mendapat sejumlah arahan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terkait antisipasi arus mudik Lebaran 2022.

Karena itu, BPJT akan fokus pada kerusakan jalan dan kegiatan rekonstruksi di jalan tol yang diharapkan pada H-15 Lebaran sudah tidak ada lubang.

Ini dilakukan agar para pengendara dapat lancar dan nyaman melintas di jalan tol pada pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 nanti. Selain itu BPJT berkoordinasi dengan BUJT untuk memastikan kelengkapan rambu dan marka.

Baca juga: Update Tarif Tol Surabaya-Malang, Berlaku Mulai 19 Maret 2022

"Terkait pemeriksaan kondisi jalan untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022, bapak Menteri PUPR akan melakukan pengecekan lapangan untuk memastikan perbaikan dapat berjalan dengan baik dan berkualitas, khususnya pada perbaikan ruas Lampung hingga Palembang yang harus tuntas pada 15 April 2022 mendatang," ujar Danang dalam keterangannya, dikutip pada Rabu (30/3/2022).

Contra flow di jalan tol saat masa mudik Lebaran

Lebih lanjut, Danang mengatakan, terkait manajemen pengaturan lalu lintas di jalan tol selama periode Lebaran 2022, BPJT akan mengikuti instruksi dan arahan dari Kepolisian RI.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.