Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Binjai-Langsa Berbayar Mulai 3 April 2022, Ini Tarifnya

Kompas.com - 30/03/2022, 18:54 WIB


KOMPAS.com – Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat) mulai berbayar pada Minggu, 3 April 2022 mendatang setelah sebelumnya beroperasi gratis sejak 11 Februari 2022.

Ruas yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini sejak awal beroperasi masih belum dikenakan tarif karena masih dalam rangka masa sosialisasi.

Kini, setelah dilakukan sosialisasi selama satu bulan lebih, PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola mengkonfirmasi bahwa Jalan Tol Binjai – Stabat akan segera ditetapkan tarif.

Baca juga: Ada yang Masih Gratis, Cek Daftar Jalan Tol untuk Mudik Lebaran 2022

Penetapan tarif tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 82/KPTS/M/2022.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyampaikan bahwa sebelum tarif tol secara resmi diberlakukan, perusahaan telah melakukan sosialiasi secara masif baik secara offline maupun online kepada seluruh pengguna jalan tol.

“Selain itu, kami juga telah melakukan Focus Group Discussion (FGD) dan menampung aspirasi dari regulator serta Key Opinion Leader (KOL),” ujarnya Koentjoro dalam keterangan resmi, Rabu (30/3/2022).

Baca juga: Intip Kesiapan 66 Jalan Tol Sepanjang 2.500 Km untuk Mudik Lebaran 2022

FGD tersebut, lanjutnya, dihadiri oleh Staf Ahli Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, Kepala Biro Komunikasi Kementerian PUPR Pantja Dharma, Pengamat Ekonomi Pieter Abdullah, plt. Bupati Langkat Syah Afandin, Ketua Organda Provinsi Sumut Wasinton Sibarani, dan masih banyak akademisi lainnya.

“Adapun demi kenyamanan dan keamanan pengguna, kami juga memastikan bahwa jalan tol ini telah memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang berlaku,” tandasnya.

Saat ini fasilitas yang dimiliki oleh Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat) terdiri dari 28 personel siaga, hingga 6 unit kendaraan operasional yang terdiri dari ambulans, derek, patroli jalan raya, rescue, dan kendaraan patroli. Selain itu, ada pula 6 gardu tol, dan 1 titik lokasi top-up tunai di Gerbang Tol Stabat.

Baca juga: Update Tarif Tol Surabaya-Madiun 2022 untuk Mobil Pribadi

“Nantinya jika sudah terhubung secara penuh, Jalan Tol Binjai – Langsa akan dilengkapi dengan 5 gerbang tol, 3 Simpang Susun (SS) yang terletak di Stabat, Tanjung Pura dan Pangkalan Brandan, dan 6 unit Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) Tipe A,” jelas Koentjoro.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+