Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan yang Lewat Tol Trans-Sumatera Saat Mudik Lebaran 2022 Diprediksi Capai 3,8 Juta

Kompas.com - 31/03/2022, 12:33 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) memprediksi lonjakan trafik kendaraan di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) saat mudik Lebaran 2022 mencapai lebih dari 3,8 juta kendaraan.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, lonjakan trafik kendaraan di Jalan Tol Trans-Sumatera akan terjadi pada H-7 Lebaran di mana trafiknya akan naik hingga 14,56 persen.

"Memang tidak terlalu signifikan, tetapi jika dibandingkan dengan mudik Lebaran tahun 2021 akan meningkat kurang lebih 600.000 kendaraan," ujar Koentjoro dalam keterangannya, dikutip Kamis (31/3/2022).

Baca juga: Ada yang Masih Gratis, Cek Daftar Jalan Tol untuk Mudik Lebaran 2022

Dia melanjutkan, jika terjadi lonjakan, telah disiapkan strategi rekayasa lalu lintas dengan melakukan pengalihan arus, menyiapkan rubbercone untuk membebaskan bahu jalan saat terjadi antrian, dan menggunakan skema contraflow yang berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Persiapan jelang mudik Lebaran

Saat ini Hutama Karya selaku pengelola beberapa ruas tol di Jalan Tol Trans-Sumatera sudah mulai melakukan persiapan pelayanan demi memastikan arus lalu lintas mudik pada Idul Fitri tahun 2022 berjalan dengan lancar.

"Kami akan selesaikan berbagai perbaikan pada jalan tol yang dikelola sebelum momen mudik dimulai. Kami juga telah melakukan berbagai persiapan dan peningkatan pelayanan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan di di gerbang tol," ucapnya.

Persiapan yang dilakukan meliputi peningkatan kapasitas gerbang tol, penambahan alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol, penambahan petugas siaga, memastikan bahan bakar minyak (BBM) tercukupi, melakukan penambahan SPBU modular di beberapa tempat, menyediakan mobil ATM berjalan demi mempermudah transaksi pengguna jalan, penambahan toilet portable, hingga penambahan pos kesehatan dan pos pantau yang bekerja sama dengan pihak kepolisian daerah setempat.

Hutama Karya juga bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk menyediakan kantong-kantong parkir agar tidak terjadi antrian di penyebrangan pelabuhan menuju GT Bakauheni Selatan mengingat saat ini tiket kapal sudah tersedia melalui online.

Selain itu, Hutama Karya juga menyiapkan seluruh rest area di Jalan Tol Trans-Sumatera yang dikelolanya untuk dioperasikan pada periode mudik mendatang, yaitu:

Baca juga: Intip Kesiapan 66 Jalan Tol Sepanjang 2.500 Km untuk Mudik Lebaran 2022

  • 12 rest area di di ruas Bakauheni–Terbanggi Besar yang terletak di Km 20 Jalur A dan B, Km 33 Jalur A dan B, Km 49 Jalur A dan B, Km 67 Jalur A dan B, Km 87 Jalur A dan B, Km 116 Jalur A dan B.
  • 9 rest area di ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung tepatnya di Km 163 A, Km 172 B, Km 208 A, Km 215 B, Km 234 A, Km 269 B, Km 277 A, Km 306 B, Km 311 A.
  • 8 rest area permanen dan 4 rest area sementara di Ruas Pekanbaru-Dumai yang berlokasi di Km 45 Jalur A, Km 65 Jalur B, Km 82 Jalur A dan B.

"(Rest area sementara) fasilitasnya tidak kalah dengan rest area permanen, yaitu meliputi SPBU, tenant UMKM, minimarket, musholla, dan lainnya, serta mewajibkan pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi," tutur dia.

Sebagai informasi, saat ini ruas-ruas Jalan Tol Trans-Sumatera yang dioperasikan oleh Hutama Karya, antara lain Ruas Tol Bakauheni–Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Ruas Palembang–Indralaya, Ruas Pekanbaru–Dumai, Ruas Medan–Binjai–Stabat dan Ruas Sigli–Banda Aceh Seksi III dan IV.

Baca juga: Jelang Periode Mudik, KAI Bicara soal Cek Suhu 3 Jam Sekali hingga Harga Tiket KA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com