Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Terakhir, Baru 10,7 Juta WP Laporkan SPT Tahunan

Kompas.com - 31/03/2022, 13:22 WIB
Fika Nurul Ulya,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melaporkan, sekitar 10,7 juta wajib pajak (WP) sudah menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan pada hari terakhir pelaporan untuk WP OP, Kamis (31/3/2022).

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Neilmaldrin Noor menyebut, rasio kepatuhan meningkat dari 32,12 persen pada 14 Maret 2022. Adapun target rasio untuk tahun 2022 sebesar 80 persen.

"Jumlah penerimaan SPT Tahunan per 31 Maret sebanyak 10.747.453, yang terdiri dari SPT OP (Orang Pribadi) 10.461.677 WP, sisanya adalah SPT Badan," kata Neilmaldrin kepada Kompas.com, Kamis (31/3/2022).

Baca juga: E-SPT Bisa Dipakai Lagi untuk Lapor SPT 1770 dan SPT 1771

Neilmaldrin mengatakan, pelaporan SPT ini bertambah dari 8,75 juta pada 25 Maret 2022.

Sementara berdasarkan metode penyampaian, SPT yang disampaikan secara elektronik lebih mendominasi, yakni 10,29 juta dari total 10,7 juta WP.

Sementara SPT secara manual disampaikan oleh 4,2 persen WP atau 454.537 WP.

"Terdapat peningkatan dibandingkan tahun lalu dengan periode yg sama sebesar 0,7 persen, atau sekitar 70.000-an," ucap Neil.

Baca juga: Hari Terakhir, Ini Sanksi Administratif kalau Telat Lapor SPT

Neil menjelaskan, ada beberapa strategi yang diberikan Ditjen Pajak untuk mengoptimalkan kepatuhan pajak WP.

Strategi pertama adalah melakukan sosialisasi secara langsung dan tidak langsung melalui kanal kehumasan DJP, termasuk penyelanggaraan kelas pajak.

Lalu, mengirim email blast kepada WP untuk segera melaporkan SPT dengan tagline "lebih awal lebih baik". Pihaknya juga mengirim email blast kepada pemberi kerja untuk menerbitkan Bukti Potong bagi karyawan.

Kemudian, bekerja sama dengan Kemenpan-RB untuk mengimbau seluruh ASN agar lapor SPT tepat waktu, dan menjadikan figur publik sebagai tokoh panutan penyampaian laporan SPT tepat waktu.

"Dan tentunya kami terus melakukan upaya-upaya sosialisasi, edukasi, persuasi, kampanye dan panutan, menambah booth-booth informasi e-filing, untuk meningkatkan kepatuhan WP, dalam hal ini di antaranya kepatuhan SPT Tahunan," tandas Neil.

Baca juga: Hari Terakhir, Begini Cara Lapor SPT Tahunan di DJPOnline Jika Tak Ingin Kena Denda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com