KILAS

Perluas Pemanfaatan Gas Bumi, Gagas Salurkan Gaslink C-cyl untuk Pelanggan di Batam

Kompas.com - 31/03/2022, 16:41 WIB

KOMPAS.com - PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) selaku anak usaha dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus berkomitmen untuk memperluas pemanfaatan gas bumi.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan menggiatkan usahanya untuk menjangkau sektor industri dan komersial yang belum dijangkau oleh jaringan gas pipa.

Salah satunya dengan membawa Gaslink C-cyl untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan di Kota Batam, Kepulaun Riau.

Untuk diketahui, Gaslink C-cyl adalah compressed natural gas (CNG) untuk pelanggan sektor industri dan komersial. Produk yang mulai dikenalkan pada awal 2021 ini disalurkan menggunakan tabung dengan kapasitas 20-25 meter kubik (m3) atau setara dengan 20 kilogram (kg).

Direktur Sales dan Operasi PGN, Faris Aziz berharap, akses energi gas bumi dapat mengalami peningkatan melalui Gagas. Khususnya bagi masyarakat maupun sektor industri dan komersial yang belum terjangkau infrastruktur pipa dan nonpipa.

Baca juga: Empat Kawasan Industri di Jatim dan PGN Kerja Sama Pemanfaatan Gas Bumi

“Hal ini merupakan peran PGN selaku subholding gas dalam mengintegrasikan infrastruktur gas bumi di Indonesia baik melalui infrastruktur pipa dan nonpipa,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (31/3/2022).

Pernyataan tersebut Faris sampaikan saat menghadiri penyaluran gas ke Rumah Makan (RM) Mak Uncu, Selasa (29/3/2022). Acara ini juga dihadiri Direktur Utama (Dirut) Gagas Muhammad Hardiansyah dan General Manager Sales and Operation Regional I, Afdal.

RM Mak Uncu adalah pelanggan pertama di Kota Batam yang merasakan penyaluran gas bumi melalui Gaslink C-cyl. Rumah makan ini akan memanfaatkan C-cyl dengan volume gas sebesar 500 m3 per bulan.

Sebagai pelanggan pertama, Pemilik RM Mak Uncu Fintos mengaku sangat antusias dengan kehadiran Gaslink C-cyl di Batam.

Baca juga: Perluas Pemanfaatkan Gas, PGN Sasar Sektor Komersil Gunakan Gaslink

“Jaminan akan ketersediaan pasokan adalah salah faktor utama kami dalam memilih supplier gas. Gagas melalui Gaslink C-cyl menyampaikan bahwa mereka mampu memenuhi hal ini,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirut Gagas, Muhammad Hardiansyah menegaskan kembali, pihaknya berupaya terus memperluas pemanfaatan gas bumi, khususnya bagi sektor industri dan komersial

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.