Dukung Pengembangan Ekspor Berbasis Pembiayaan Syariah, BSI Gandeng LPEI

Kompas.com - 31/03/2022, 20:19 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bekerja sama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk mendukung perkembangan ekspor melalui pembiayaan berbasis syariah, pendanaan, maupun transaksi digital.

Kolaborasi itu dituangkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman mengenai penyediaan dan pemanfaatan layanan dan produk perbankan syariah.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, pihaknya siap siap mendukung bisnis syariah LPEI untuk percepatan dan transformasi transaksi ekspor.

Baca juga: Promo KPR Bank Mandiri, Ada Bunga 3,63 Persen Fixed 3 Tahun

Mulai dari layanan transaction banking termasuk cash management, virtual account, trade services dan penerimaan devisa hasil ekspor (DHE) serta layanan ritel lainnya.

Hal tersebut diharapkan dapat memudahkan single access bagi nasabah LPEI untuk bertransaksi dengan cepat, aman, dan sesuai prinsip syariah.

"BSI mendukung potensi industri halal sebagai segmen yang harus terus dikembangkan, terutama dari sisi ekspor yang memberikan kontribusi besar bagi penerimaan negara," ujar Hery dalam keterangannya, Kamis (31/3/2022).

"Selain itu, dengan adanya kerja sama ini, kami berharap dapat mendukung peran LPEI dalam transaksi ekspor nasional," tambah dia.

Baca juga: Harga Pertamax Bakal Naik, Chatib Basri Wanti-wanti Pemerintah soal Migrasi ke Pertalite

Bank syariah tersbesar itu juga melakukan perjanjian kerja sama akad pembiayaan wholesale senilai Rp 3 triliun yang akan digunakan untuk pengembangan bisnis LPEI.

Lebih lanjut Hery bilang, sampai dengan Desember 2021 lalu kinerja pembiayaan BSI tumbuh positif sebesar sebesar 9,32 persen secara year on year.

"Maka dengan adanya kerja sama ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan bisnis dari seluruh aspek terutama peningkatan kualitas ekspor Indonesia," katanya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif LPEI, Rijani Tirtoso berharap, kerja sama dengan BSI dapat semakin mendukung LPEI dalam menjalankan perannya sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI dalam meningkatkan ekspor nasional.

"LPEI juga optimis BSI akan mendukung LPEI dalam mengoptimalisasi pembiayaan ekspor khususnya disektor syariah," ucapnya.

Baca juga: KAI Mulai Jual Tiket Kereta Api Mudik Lebaran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.