Meski Lebih Mahal, Ini 5 Keunggulan Pertamax Dibanding Pertalite

Kompas.com - 01/04/2022, 14:39 WIB

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi jenis bensin Pertamax (RON 92), berlaku efektif per hari ini, Jumat, 1 April 2022, pukul 00:00 waktu setempat.

Harga Pertamax dibedakan berdasarkan regional pemasaran. Merujuk pada pengumuman resmi perseroan, harga Pertamax per 1 April 2022 ini naik menjadi di kisaran Rp 12.500 sampai Rp 13.500 per liter dari sebelumnya Rp 9.000 sampai Rp 9.400 per liter.

Menurut manajemen Pertamina, kenaikan harga Pertamax sekitar Rp 3.500 - Rp 4.000 per liter itu menyesuaikan dengan lonjakan harga minyak mentah dunia. Mereka mengklaim, kenaikan harga tersebut masih lebih rendah sekitar Rp 3.500 dari keekonomian.

Di tengah kenaikan Pertamax, ada kekhawatiran para pemilik kendaraan yang selama ini setia menggunakan Pertamax akan beralih mengonsumsi Pertalite.

Baca juga: Mengapa Malaysia Bisa Jual Minyak Goreng dan BBM Jauh Lebih Murah Dibanding RI?

Sebagai BBM penugasan pemerintah pengganti Premium, harga Pertalite dengan RON 90 tentunya lebih murah yakni Rp 7.659 per liter. Harga Pertalite dan Pertamax memiliki selisih Rp 5.850.

Dengan oktan lebih tinggi, Pertamax memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Pertalite (keunggulan Pertamax). Terlebih, sejumlah pabrikan kendaraan tentunya merekomendasikan penggunaan BBM dengan oktan di atas 90 untuk mesin keluaran terbaru.

Nah berikut ini 5 keunggulan Pertamax dibanding Pertalite atau BBM sejenis yang memiliki RON lebih rendah sebagaimana dikutip dari laman Pertamina Fuels:

1. Pembakaran lebih sempurna

Salah satu kelebihan Pertamax, bahan bakar mesin yang satu ini memiliki pembakaran yang sempurna jika dibandingkan dengan jenis bahan bakar mesin lainnya.

Bahan bakar mesin yang memiliki nilai oktan rendah akan lebih lama dalam proses pembakaran bahan bakar minyak di dalam ruang bakar. Proses pembakaran yang memiliki waktu lama akan menimbulkan knocking pada mesin.

Baca juga: Perbandingan Harga BBM Pertamina RI Vs Petronas Malaysia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.