Naik Tipis, Pelaporan SPT Tahunan Capai 11,46 Juta

Kompas.com - 01/04/2022, 15:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) melaporkan 11,46 juta wajib pajak (WP) sudah melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan hingga 1 April 2022 pukul 00.01 WIB.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Neilmaldrin Noor mengatakan jumlah pelaporan SPT didominasi oleh WP Orang Pribadi (OP). Totalnya mencapai 11,16 juta WP. Sisanya berasal dari WP Badan.

"(WP) Badan yang nanti batas waktu (laporan) tanggal 30 April ada 294.250 WP. Ini data yang kita tarik jam 00.01 WIB (1 April 2022)," kata Neilmaldrin dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Hari Terakhir Lapor SPT Situs DJP Online Sulit Diakses, Ditjen Pajak: Coba secara Berkala...

Neil menuturkan, pelaporan SPT tahun pajak 2021 mengalami peningkatan sebesar 0,03 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Adapun hingga akhir tahun ini, pihaknya menargetkan pelaporan SPT mencapai 15,3 juta. Dengan demikian hingga 31 Maret 2022, pelaporan SPT sudah mencapai 60,33 persen.

"(Meskipun batas waktu lapor sudah lewat), target SPT dihitung sampai dengan akhir tahun. Jadi saya sampaikan 11,4 juta itu baru sampai tanggal 31 Maret," ucap Neil.

Sementara berdasarkan metode penyampaian, SPT yang disampaikan secara elektronik lebih mendominasi, yakni mencapai 96 persen dari total keseluruhan pelaporan. SPT disampaikan melalui e-SPT, e-Form, dan e-Filing.

Baca juga: Hari Terakhir, Ini Sanksi Administratif kalau Telat Lapor SPT

Sisanya sebanyak 4 persen dilaporkan secara langsung oleh wajib pajak ke kantor pelayanan pajak (KPP).

Dia optimistis kepatuhan formal penyampaian SPT Tahunan pada tahun ini bisa meningkat. Sebab, untuk pelaporan SPT Tahunan wajib pajak badan masih berlangsung.

"Nanti ada SPT yang telat lapor dan kemudian masuk sebelum Desember 2022. Jadi kalau bicara target, sampai 31 Desember," tandas Neil.

Baca juga: Cara Lapor SPT Tahunan secara Online dan Panduan Mendapatkan EFIN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.