Jokowi, Xi Jinping, dan Mohammed bin Zayed Bakal Lihat Langsung "Trial" Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kompas.com - 01/04/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung dijadwalkan melakukan uji coba (trial) pada saat perhelatan G20 pada November 2022.

Uji coba ini nantinya akan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Presiden China Xi Jinping dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammad bin Zayed.

"Nanti bulan November, waktu G20, trial dari kereta api cepat ini bisa dilakukan dari Karet (Plered) sama Tegal luar itu sudah bisa dilakukan. Presiden Jokowi dengan beberapa Kepala Negara mungkin dengan Presiden Xi Jinping dan Muhammad Bin Zayed dari Abu Dhabi akan melihat nanti trial itu. Semua terintegerasi di sana, tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai schedule itu," katanya di Bekasi Timur, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Soal Proyek Kereta Cepat , Luhut Minta Ini ke Dubes China

Mantan Jenderal Kopassus ini bilang, saat ini pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak mengalami kendala, mulai dari anggaran serta target penyelesaiannya. Sehingga diperkirakan Juni 2023, kereta api cepat Jakarta-Bandung akan beroperasional.

"Kami melihat Kereta Cepat Jakarta-Bandung progresnya. Jadi kereta api cepat Jakarta-Bandung itu pendanaannya sudah enggak ada masalah, tinggal ada satu titik dengan Pak Tiko (Wamen BUMN) kemarin mengenai over run cost-nya. Sudah dibicarakan dan diaudit oleh BPKP," kata dia.

"Presiden sudah memberikan arahan supaya schedule-nya jangan sampai meleset. Meleset schedule-nya Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini masalahnya di teknologi yaitu adanya geologi ada mata air yang besar sekali di tunnel, sehingga tertunda tiga sampai empat bulan. Kita berharap, itu tuntas sampai pada Juni tahun depan. Kita coba lebih cepat sih, tapi worst skenario kira-kira begitu," jelas Luhut.

Baca juga: Siapa yang Akan Membayar Utang dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

Saat Rabu (30/3/2022), Luhut bersama dengan Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang, mengunjungi proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Kunjungan dilakukan untuk mengecek perkembangan pembangunan tepatnya di Subgrade 33 dan Tunnel 6.

"Saya minta kepada Dubes Lu Kang untuk membantu komunikasikan kepada kontraktor dari China bahwa diperlukan adanya percepatan untuk mengejar penyelesaian pembangunan. Percepatan perlu segera dilakukan mengingat comercial operation date rencananya akan dilakukan pada Juni 2023," ujarnya.

Luhut juga meminta kepada PT WIKA yang merupakan kontraktor dari pihak Indonesia untuk dapat memberikan kualitas terbaiknya demi menunjang keamanan dan keselamatan proyek kereta cepat ini.

Baca juga: China Tetap Untung meski Kereta Cepat Jakarta-Bandung Balik Modal 40 Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.