Bantu UMKM Rambah Dunia Digital, XL Axiata Gandeng Google Workspace

Kompas.com - 01/04/2022, 17:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk bekerja sama dengan Google Workspace untuk meluncurkan produk paket Google Workspace Business Bundle.

Group Head Corporate Sales XL Axiata, R. Wicaksono mengatakan, produk ini diluncurkan untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar lebih mudah merambah dunia digital.

"Kami melakukan kolaborasi yang menghasilkan suatu produk yang bermanfaat dan sangat sesuai dengan komitmen dan misi kami dalam men-support UMKM untuk tumbuh, berkembang, dan bertransfromasi secara digital lebih cepat," ujarnya saat meluncurkan produk secara daring, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Transaksi Kripto Kena PPN mulai 1 Mei 2022, Berapa Tarifnya?

Saat ini, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64 juta, di mana 90 persennya merupakan usaha mikro dan kecil.

UMKM menjadi sektor bisnis yang rentan terdampak selama pandemi Covid-19. Pasalnya, selama dua tahun belakangan terjadi perubahan perilaku konsumen.

Dengan adanya pembatasan mobilitas selama pandemi, konsumen menjadi beralih menggunakan platform digital untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Perubahan perilaku ini membuat para pelaku bisnis harus mencari jalan merambah ke dunia digital agar tetap bisa bertahan, termasuk pelaku UMKM.

"Perubahan landscape industri dan peta kompetisi baru itu saat ini menjadi ditandai dengan empat karakteristik bisnis, yaitu: hygiene, low touch, less crowd, dan low mobility," ucapnya.

Menurutnya, pelaku bisnis yang bisa menerapkan keempat karakteristik tersebut yang dapat bertahan di era pandemi Covid-19.

"Dari sini lah inisiasi dari kolaborasi XL Axiata Business Solution menghasilkan Google Workspace untuk memberikan kemudahan dalam mobilisasi tanpa mengurangi produktivitas kerja," kata dia.

Baca juga: LRT Jabodebek Bakal Soft Launching pada 17 Agustus 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.