ICCA Diyakini Jadi Wadah Perlindungan Investor Kripto

Kompas.com - 01/04/2022, 18:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform wealth-tech Pluang mendukung terbentuknya Indonesia Crypto Consumer Association (ICCA) sebagai wadah bagi generasi muda Indonesia untuk saling bertukar pengetahuan tentang aset kripto.

ICCA juga diharapkan mampu mengawal pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, khususnya dalam perdagangan aset kripto.

VP External Affairs Pluang Wilson Andrew berharap, ICCA dapat memberikan nilai tambah dalam memberikan edukasi literasi investasi aset kripto.

"Ini jadi wadah yang sangat strategis untuk bertukar informasi, terutama untuk komunitas kripto. Aspek penting yang kita lihat adalah keamanan dan perlindungan bagi konsumen," kata dia saat ditemui Kompas.com Jumat (1/3/2022).

Baca juga: Emas Batangan Tak Kena PPN, Bagaimana dengan Emas Perhiasan?

Mengingat banyaknya kasus yang terjadi belakangan terkait kripto, ia yakin ICCA akan jadi wadah yang baik untuk perlindungan konsumen.

Ia juga mengapresiasi langkah edukasi yang nantinya akan dilakukan oleh ICCA ke kalangan kampus.

Terkait edukasi, Pluang lewat kanal media sosialnya juga terus menggaungkan keamanan dan tren investasi yang sedang terjadi saat ini.

Sebagai bagian dari inisiatif Y20-G20 (Youth 20) dalam mengedepankan transformasi digital, literasi, dan inklusi keuangan, Pluang akan berkolaborasi dengan ICCA dan Perkumpulan Konsultan Hukum Aset Kripto Indonesia (PKHAKI) untuk melakukan edukasi.

Baca juga: Transaksi Kripto Kena PPN mulai 1 Mei 2022, Berapa Tarifnya?

Sejauh ini, Pluang juga telah mengajukan beberapa kerangkan regulasi yang sedang digodog oleh pemerintah.

"Yang penting bagaimana industri ini bisa diatur dan dikembangkan dengan melihat banyak aspek keamanan dan perlindungan konsumen yang harus didahulukan," tegas dia.

Sebagai informasi, Pluang sendiri telah memiliki 6,5 juta pengguna. Padahal, awal tahun, penggunanya masih di kisaran 4 juta orang.

"Saya melihat salah satu mayoritas pendorongnya karena aset kripto,"  tutup dia.

Baca juga: Dorong Indonesia Jadi Sentra Aset Kripto Asia, PKHAKI dan ICCA DIbentuk

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.