Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selidiki Kelangkaan Solar, Pemerintah Bentuk Tim Gugus Tugas

Kompas.com - 01/04/2022, 19:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan membentuk tim gugus tugas (task force) untuk menyelidiki kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar baru-baru ini terjadi.

Pembentukkan tim gugus tugas ini, lanjut Luhut, sudah mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kedepan, solar ini enggak ada masalah, tapi per kemarin Presiden sudah perintahkan, segera kita membuat task force untuk mengatasi penyeludupan-penyeludupan. Termasuk menyangkut solar tadi," kata dia di Bekasi Timur, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Kuota Solar dan Pertalite Diprediksi Bakal Jebol, Ini Penyebabnya

Kelangkaan solar ini, Luhut duga karena banyaknya permintaan. Maka dari itu, pemerintah berkoordinasi kepada DPR RI untuk meminta izin penambahan kuota BBM solar.

"Ini kita hitung betul dengan cermat. Jadi misalnya ini solar. Solar ini pun kita enggak membayangkan ternyata Covid-19 ini begitu cepat selesainya di kita," ucapnya.

"Walaupun tempat lain masih masalah, sehingga enggak kebayang demand itu langsung naik, sehingga kuota diputuskan untuk ditambah dan kita minta DPR. Saya kira DPR juga paham," sambung Luhut.

Mantan Menko Polhukam tersebut pastikan bahwa BBM solar tidak akan langka, sama halnya dengan minyak goreng.

"Jadi solar tidak boleh langka. Karena solar itu cukup, tidak boleh kurang. Sama saja dengan minyak goreng, enggak kurang. Jadi kita semua lakukan tindakan terukur," ucapnya.

Baca juga: Pertamina: Pemerintah Subsidi Rp 7.800 Setiap Liter Solar, Lebih Tinggi dari Harga Jual

Diketahui, di beberapa daerah, BBM jenis solar kini mulai susah ditemukan. Antrean panjang berjam-jam di SPBU untuk mendapatkan solar kini jadi pemandangan yang lazim. Kelangkaan solar sendiri sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa pekan.

Meski demikian, Pertamina mengklaim distribusi penyaluran solar masih berjalan normal.

Dikutip dari Kompas TV, Sabtu (26/3/2022), sudah sebulan, antrean panjang kendaraan yang ingin membeli solar subsidi masih terjadi di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum, di Kota Padang, Sumatera Barat.

Untuk mendapatkan solar, para supir bahkan harus berkeliling kota, mencari SPBU yang masih memiliki stok. Para sopir terpaksa antre, karena langkanya solar. Bahkan sopir harus memangkas jumlah trayeknya, ini karena gagal mendapatkan solar meski sudah antre berjam-jam. Hal yang sama juga dialami para supir truk dan bus.

Baca juga: Sederet Penyebab Kelangkaan Solar Menurut Dirut Pertamina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com