XL Axiata Luncurkan Produk Google Workspace X BIZ Starter, Ini Harganya

Kompas.com - 01/04/2022, 21:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk meluncurkan produk Google Workspace X BIZ Starter dengan harga mulai Rp 65.000 untuk permudah pelaku UKM bertransformasi digital.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto mengatakan, Indonesia memiliki 64,2 juta UKM pada 2021 yang dapat diarahkan untuk bertransformasi ke digital.

Transformasi digital ini dapat memudahkan UKM menumbuhkan bisnisnya dengan menggunakan berbagai platform digital untuk proses produksi, promosi, dan pemasaran.

"Agar bisa terus bersaing merebut pasar, sudah saatnya para pelaku UKM dan industri kreatif segera bertransformasi ke digital dan memanfaatkan segala keunggulan dan manfaat yang ditawarkan oleh teknologi guna meningkatkan penjualan," ujarnya dalam peluncuran produk secara daring, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: RI-Malaysia Sepakati Gaji Minimum PMI di Negeri Jiran Rp 5,2 Juta

Kemudahan tersebut terwujud dalam paket bundling kartu BIZ Starter yang disediakan XL Axiata Business Solutions dengan sejumlah solusi dari Google Workplace.

Dengan kartu BIZ Starter, pelanggan yang merupakan pelaku UKM akan mendapatkan manfaat tambahan berupa sejumlah fitur solusi bisnis dari Google Workspace yang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas usaha, mendukung cara kerja hybrid dan memperluas ruang kolaborasi berbasiskan teknologi cloud.

Dengan harga mulai Rp 65.000, pelaku UKM sudah akan mendapatkan kartu perdana BIZ Starter Prabayar dengan kuota 5GB dan akses ke sejumlah solusi bisnis yang disediakan Google Workspace.

Menurutnya, kolaborasi dengan Google Cloud Indonesia dalam hal digitalisasi segmen UKM berorientasi pada penciptaan nilai tambah terhadap masyarakat yang lebih luas.

Kolaborasi tersebut menghasilkan solusi/layanan yang saling melengkapi khususnya dari sisi teknologi pendukung cara kerja hybrid, konektivitas prima, dan juga aplikasi pendorong produktivitas.

Baca juga: Tarif PPN 11 Persen, Ini Daftar Barang dan Jasa yang Bakal Naik

Program bundling ini dicetuskan untuk meningkatkan UKM agar semakin giat dalam mengadopsi cara kerja digital, sehingga berdampak positif terhadap perannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu, kolaborasi ini semakin mendorong XL Axiata Business Solutions membuka lebih banyak interaksi dengan pelaku usaha dan memfasilitasi lebih banyak UKM yang terdigitalisasi.

Kerja sama ini diharapkan akan bisa mengakselerasi pertumbuhan pelanggan UKM lainnya serta membuka peluang baru bagi para pelaku usaha yang ingin meningkatkan performa bisnisnya dengan lebih praktis, mudah, efektif, dan efisien.

Baca juga: Tunda Peluncuran Bursa Kripto, Wamendag: Jangan Sampai Ada Kesan Tergesa-gesa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.