BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Gojek

Bulan Puasa Bikin Boros? Begini Cara Atur Keuangan dengan Efisien

Kompas.com - 02/04/2022, 11:00 WIB
Aningtias Jatmika,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pada bulan suci Ramadhan, umat Islam diwajibkan berpuasa. Selama sekitar 13 jam, mulai dari matahari terbit hingga terbenam, umat Islam harus menahan diri untuk tidak makan dan minum.

Sebagian orang berpikir bahwa kondisi tersebut akan membantu menghemat pengeluaran atau kebutuhan harian. Namun, jika dihitung, biaya kebutuhan pada Ramadhan cenderung sama dengan hari biasa. Bahkan, terkadang lebih besar.

Hal itu terjadi karena hidangan berbuka dan santap sahur biasanya disiapkan dengan lebih spesial ketimbang makan pada hari lain.

Kemudian, momen Ramadhan juga kerap dimanfaatkan untuk berbuka puasa bersama keluarga dan kerabat. Hal ini berpotensi meningkatkan pengeluaran bulanan.

Agar tidak boros dan kantong seakan ikut “berpuasa” selama Ramadhan, Anda dapat mengatur pengeluaran dengan tip berikut.

1. Pahami kondisi finansial

Pandemi Covid-19 turut memengaruhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selama pandemi, kebutuhan primer bertambah dengan biaya kesehatan, seperti pembelian masker, suplemen vitamin, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan.

Biaya tersebut berpotensi bertambah dengan kebutuhan baru selama Ramadhan. Oleh sebab itu, kamu perlu mengecek kondisi finansial secara keseluruhan.

Catat semua kebutuhan, termasuk cicilan, tabungan, dan dana darurat. Pastikan sumber pendapatan bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Pastikan pula kondisi keuangan tetap aman setelah Ramadhan dan Lebaran.

Dengan mengetahui kondisi keuangan secara nyata, kamu dapat menyusun alokasi kebutuhan Ramadhan secara tepat.

2. Aktif mencatat pengeluaran

Mencatat pengeluaran setiap hari dapat membantu kamu memahami arus kas (cash flow) secara detail.

Melalui catatan itu, kamu bisa memonitor jumlah uang yang dikeluarkan. Dengan begitu, pengeluaran yang melebihi anggaran bulanan dapat dihindari.

(Baca juga: Trik Jago Atur Keuangan biar Gaji Enggak Sekadar Numpang Lewat)

Agar tersusun rapi, kamu perlu disiplin mengalokasikan waktu untuk mencatat pengeluaran. Sebagai contoh, pada malam hari seusaitelah salat Tarawih.

3. Bijak dalam mengeluarkan uang

Berkaca pada catatan pengeluaran yang dibuat, kamu pun bisa mengeluarkan uang secara bijak dan menentukan skala prioritas.

Beberapa pengeluaran yang diperlukan pada hari biasa, misalnya membeli camilan atau hangout dengan teman, bisa kamu kesampingkan sementara pada Ramadhan.

Pengeluaran tersebut dapat kamu alihkan untuk kebutuhan lain, seperti bersedekah dan membayar zakat fitrah.

4. Manfaatkan promo

Untuk menghemat pengeluaran selama Ramadhan, kamu juga bisa memanfaatkan promo ketika berbelanja, misalnya promo dari GoPay.

Pada Ramadhan kali ini, GoPay memberikan berbagai promo berupa diskon dan cashback hingga 90 persen.

Salah satunya, cashback hingga 70 persen ketika bertransaksi di ratusan merchant GoPay, mulai dari membeli skin game hingga berinvestasi reksa dana di GoInvestasi, Bibit, dan Pluang.

(Baca juga: Jurus Cuan Investor Pemula, Diversifikasi Jadi Kunci)

Selain itu, ketika berbelanja kebutuhan Ramadhan melalui Tokopedia menggunakan GoPay, kamu juga bisa mendapatkan cashback hingga 90 persen.

Pada Ramadhan kali ini, GoPay memberikan berbagai promo berupa diskon dan cashback hingga 90 persen.GoPay Pada Ramadhan kali ini, GoPay memberikan berbagai promo berupa diskon dan cashback hingga 90 persen.

Cashback hingga Rp 15.000 pun bisa kamu dapatkan saat berbelanja kebutuhan harian menggunakan GoPay.

Kamu juga bisa menghemat pengeluaran ketika membeli menu untuk berbuka dan sahur lewat GoFood. Dengan pilihan pembayaran menggunakan GoPay, kamu bisa mendapatkan diskon hingga 35 persen.

Kemudian, kamu juga tetap bisa berhemat ketika menghadiri undangan buka puasa bersama teman, keluarga, atau kerabat.

Pasalnya, kamu bisa mendapatkan cashback hingga 90 persen bila membayar layanan transportasi GoCar dan GoRide dengan GoPay.

Seluruh promo tersebut bisa kamu nikmati mulai 28 Maret 2022 hingga 31 Mei 2022.
Informasi lengkap mengenai berbagai promo yang dihadirkan GoPay dapat kamu temukan pada tautan berikut.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com