Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Startup Ini Kembangkan Aplikasi untuk Dorong Usaha Bengkel Motor Go Digital

Kompas.com - 02/04/2022, 19:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu perusahaan rintisan atau startup lokal yang berbasis pada teknologi mengembangkan aplikasi Bengkel Mania. Aplikasi ini bertujuan untuk memfasilitasi usaha bengkel motor go digital.

Rizky Jonathan selaku CEO Bengkel Mania mengungkapkan, ada potensi yang cukup besar pada usaha bengkel motor saat ini, yang kebanyakan masih menjalankan bisnis secara konvensional.

Dia mengatakan, bila usaha kecil bengkel motor bisa difasilitasi dan dikembangkan menggunakan teknologi, maka bisa meningkatkan kesejahteraan UMKM bengkel motor.

“Peluncuran aplikasi ini diharapkan bisa menjadi solusi nyata dan hadir sebagai support system bagi di industri bengkel UMKM lewat product dan service Bengkel Mania. Kami juga berharap, melalui aplikasi Bengkel Mania bisa menjadi one stop solution service bagi industri bengkel UMKM,” ucap Rizky melalui siaran pers, Jumat (1/3/2022).

Baca juga: Siap-siap, Biaya Langganan First Media, IndiHome, dan MyRepublic Bakal Naik

Rizky mengungkapkan, bagi para pemilik usaha bengkel motor yang ingin mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi, bisa mengunduh aplikasi Bengkel Mania secara gratis melalui Google Play Store.

“Aplikasi ini dapat memudahkan segala keperluan para UMKM bengkel di seluruh Indonesia, mulai dari akses permodalan bengkel, supply chain, pembukuan bengkel, dan masih banyak lagi,” jelas Rizky.

Eko Wahyu selaku CTO dan Co-Founder Bengkel Mania mengatakan, strategi Bengkel Mania untuk terus berkembang dan bersaing di dunia digital, yakni dengan melakukan inovasi secara konsisten yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Baca juga: Sepekan, Rp 4,6 Triliun Dana Asing Guyur Pasar Modal Indonesia

“Kedepannya kami lebih berfokus pada integrasi dengan partner lender untuk pengembangan fitur. Aplikasi Bengkel Mania juga memiliki fasilitas pendanaan, dan sudah terintegrasi dengan payment gateway, sehingga bisa mempermudah para customer dalam hal pembayaran,” ujar Eko.

Eko juga mengungkapkan, aplikasi Bengkel Mania juga mendukung jual beli produk UMKM yang berkaitan dengan UMKM bengkel. Para UMKM bengkel bisa memanfaat fitur tersebut untuk mengisi kebutuhan stock produk mereka.

“Kami akan terus berinovasi dan meningkatkan performa aplikasi Bengkel Mania kedepannya, sehingga nantinya akan semakin baik dan dapat menjadi aplikasi yang bermanfaat. Disamping itu juga dapat memajukan perekonomian para UMKM di sektor industri bengkel motor,” tegas Eko.

Baca juga: Ini Kriteria Penerima BLT Minyak Goreng Rp 300.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com