Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MPMX Catatkan Laba Bersih Rp 412 Miliar pada 2021

Kompas.com - 02/04/2022, 20:00 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitra Pinasthika Mustika (MPMX) mencatatkan lonjakan laba bersih 208 persen menjadi Rp 412 miliar pada 2021 dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 134 miliar.

Group Chief Executive Officer MPMX Suwito Mawarwati mengatakan, raihan ini sejalan dengan pertumbuhan penjualan yang kuat pada bisnis distribusi dan ritel kendaraan roda dua.

Secara rinci, segmen distribusi, ritel dan aftermarket mencatat peningkatan pendapatan sebesar 18,7 persen dan berkontribusi sebesar 90 persen dari total pendapatan konsolidasi yang didorong oleh pertumbuhan penjualan yang kuat dari pasar kendaraan roda dua secara nasional.

Baca juga: Harga Emas Antam Turun Rp 4.000 di Akhir Pekan, Simak Rinciannya

Melalui MPMulia, perseroan menjual sepeda motor sebesar 646.000 unit meningkat 16 persen dari tahun sebelumnya.

"Pertumbuhan ini berkat upaya memaksimalkan kolaborasi antara main dealer, dealer, dan perusahaan pembiayaan untuk menunjang penjualan dan mempertahankan dominasi pangsa pasar. Serta menjalankan aktivitas pemasaran secara online dan program penjualan yang menarik, efektif, dan efisien, serta menerapkan berbagai inisiatif digital untuk memperkuat ekosistem bisnis,” ujarnya dalam siaran persnya, Jumat (1/4/2022).

Dia menilai, secara keseluruhan kinerja keuangan dan kinerja operasional perseroan di tahun 2021 mengalami kenaikan dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya, dimana kinerja tahun ini berada di atas target yang telah dicanangkan di awal tahun 2021.

Dengan demikian, lanjut dia, pada tahun ini total pendapatan MPMX tercatat sebanyak Rp 12,9 triliun. Jumlah itu bertumbuh 15 persen dari tahun 2020 lalu sebesar Rp 11,18 triliun.

Kemudian laba bruto tercatat sebanyak Rp 1,19 triliun naik 14,1 persen dari sebelumnya Rp 1,04 triliun, marjin laba bruto sebesar 9,3 persen. Beban usaha berjumlah Rp 840 miliar naik 5 persen dari sebelumnya Rp 801 miliar.

Baca juga: Siap-siap, Biaya Langganan First Media, IndiHome, dan MyRepublic Bakal Naik

“Melihat kembali tahun 2021, kami sangat bersyukur dengan kinerja Perseroan. Kami telah mengakhiri tahun 2021 dengan kuat dan sekali lagi membuktikan ketangguhan dalam melewati krisis dengan kinerja dan capaian luar biasa, dan kami memasuki tahun 2022 dengan momentum yang baik didukung oleh pemulihan ekonomi nasional yang terus berlangsung,” ungkap Suwito.

Pada tahun ini, Mitra Pinasthika menargetkan pertumbuhan pendapatan sebanyak 10-15 persen. Selain itu, perseroan juga menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) hingga Rp 700 miliar.

Sementara itu, GM Corporate Communication & Sustainability Mitra Pinasthika Utama Natalia Lusnita menjelaskan, jika pandemi semakin mereda dan situasi perekonomian semakin membaik di kuartal I-2022, maka tidak menutup kemungkinan target direvisi.

"Adapun, sebagian besar modal kerja akan digunakan untuk pembelian unit kendaraan MPM Rent dan juga program peremajaan unit," ungkapnya.

Baca juga: Bitcoin dkk Menguat, Cek Harga Kripto Hari Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com