6 Tips dan Trik UMKM Kuliner Sukses Raup Cuan Selama Pandemi

Kompas.com - 03/04/2022, 14:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama dua tahun melalui pasang-surut bisnis di kala pandemi, para pelaku UMKM kuliner selalu berusaha untuk menjadi relevan dan mengatur strategi untuk tetap bisa menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

Dengan kemudahan sentuhan jari melalui aplikasi pemesanan makanan online seperti GrabFood, para pelaku UMKM kuliner dapat tetap menjual produk makanannya kepada pembeli tanpa terkendala oleh pembatasan kegiatan masyarakat.

Peranan teknologi dan inovasi platform digital kini telah berhasil membantu banyak UMKM untuk terus menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Baca juga: GrabMerchant Awards 2021 Beri Apresiasi pada Ratusan Mitra Merchant GrabFood dari 14 Kota di Indonesia

Sebagai bentuk dukungan kepada para mitra merchant, GrabFood menginisiasi Program Apresiasi Mitra sejak Maret 2022.

Program ini berfokus untuk meningkatkan kinerja bisnis mitra merchant dengan memberikan insentif berupa cashback atau promo pada platform GrabFood.

Sebanyak lebih dari 8.000 mitra UMKM GrabFood dari berbagai penjuru Indonesia telah mengikuti Program Apresiasi Mitra dan memperoleh manfaat dari program ini untuk mendorong kesuksesan bisnis mereka.

Untuk semakin mendorong kesuksesan para mitra UMKM kuliner dalam meraup untung, Grab ingin berbagi resep sukses untuk para pelaku UMKM kuliner juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di GrabFood.

Baca juga: Dorong UMKM Kuliner Berkembang, GrabFood Gelar GrabNEXT

Tips dan trik UMKM kuliner raup cuan selama pandemi

Simak tips dan trik-nya berikut ini. 

1. Perkenalkan Paket Kombo Hidangan Paling Laris

Konsumen tentunya sudah punya pilihan menu favorit di resto Anda. Di tengah kesibukan waktu WFH, konsumen lebih memilih untuk memesan paket makanan lengkap yang praktis untuk kebutuhan sehari-hari.

Permintaan akan menu kombo pun akan makin banyak. Untuk itu, penting untuk melengkapi tawaran Anda dengan memberikan Paket Kombo yang misalnya berisi makanan
pembuka, camilan, minuman, dan makanan penutup.

Laporan Tren Kuliner Grab 2021 menunjukan bahwa sebanyak 68 persen pengguna Grab merupakan keluarga dengan anak dan memesan makanan untuk porsi keluarga (4-5 orang).

Selain untuk meningkatkan jumlah pesanan, hal ini juga dapat memudahkan para konsumen yang ingin memesan dalam jumlah banyak untuk porsi keluarga.

Baca juga: UMKM Kuliner Tumbuh Subur Berkat Jasa Pengantaran Online

2. Tambahkan Makanan Hits dalam Promosi Terbatas

Anda bisa mempertimbangkan untuk memasukkan makanan yang sedang tren ke dalam daftar
menu resto dengan penawaran terbatas.

Di tahun 2021, makanan hits seperti Kopi Susu Gula Aren dan Teh Susu Coklat Hazelnut termasuk 10 jenis hidangan yang paling sering dipesan untuk cemilan sore di GrabFood.

Penawaran terbatas ini bisa berupa Promo “Beli 1, Gratis 1” untuk menarik konsumen baru dan mendorong pembelian berikutnya.

Baca juga: UMKM Kuliner Disarankan Gabung di Cloud Kitchen, Apa Itu?

3. Siasati waktu tunggu dengan informasi ke konsumen

Berdasarkan Laporan Tren Kuliner Grab 2021, rata-rata waktu tunggu yang normal untuk persiapan makanan maksimal di 20 menit.

Pertimbangkan untuk mengelola waktu lebih baik untuk melayani pesanan menu yang membutuhkan waktu persiapan yang cukup lama atau makanan tidak tahan lama.

Anda juga dapat menggunakan fitur Status Toko untuk mengelola operasional jam sibuk dengan mengubah status toko ke ‘Sibuk’.

Perubahan status ini akan membantu jika Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyiapkan pesanan dan meminimalkan waktu tunggu pengemudi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.