Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Pasar Masih Besar, Planet Ban Rilis Pelumas Motor Balap

Kompas.com - 03/04/2022, 14:25 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Surganya Motor Indonesia (Planet Ban) merilis produk pelumas baru untuk pasar motor jenis sportbike 250 cc. Yakni, X-TEN Double Ester Premium Sport.

Untuk menguji ketangguhan pelumas baru ini, pihak menejemen sengaja merilisnya ini dengan cara touring dari Depok, Jawa Barat, ke Mandalika, NTB, atau sejauh sekitar 1.730 km selama 12 hari perjalanan.

"Touring tersebut dimaksudkan untuk menguji ketangguhan oli X-TEN Double Ester sebelum diluncurkan secara resmi ke pasaran. Dan terbukti mampu menaklukkan medan yang berat serta mampu memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa," kata Kepala Divisi Marketing PT Surganya Motor Indonesia, Budi Rochmanudin melalui rilis, Minggu (3/4/2022).

Baca juga: Uji Coba Awal Produksi BBM dan Pelumas Racing Sukses, Pertamina: Bisa untuk MotoGP 2023

Menurut dia, kandungan ester memang biasa digunakan pada pelumas motor balap yang memiliki kinerja cukup keras.

"Kami menggunakan teknologi motor balap ini agar bisa diaplikasikan untuk keseharian motoris, serta mampu melindungi dan menjaga performa mesin tetap enteng dalam waktu yang lama,” tutur Budi.

Pelumas motor sport 250 cc X-TEN Double Ester Premium Sport ini sudah bisa didapatkan di jaringan toko Planet Ban terdekat.

Baca juga: Shell Indonesia Perluas Pabrik Pelumas

Pasar pelumas nasional

Data pada Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan, penjualan sepeda motor sepanjang 2021 mencapai 5,06 juta unit atau tumbuh 38 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya 3,7 juta unit.

Pada 2022 AISI menargetkan pasar sepeda motor tahun 2022 akan lebih baik dari 2021 yaitu 5,1 juta hingga 5,4 juta unit.

Dengan demikian, peluang bisnis pelumas motor juga makin besar.

Tak hanya Planet Ban yang tergiur masuk pasar pelumas, sebelumnya Federal Oil memutuskan merilis seri pelumas baru untuk sepeda motor matik dan motor manual di Indonesia hari ini, Selasa (8/3/2022).

“Melihat kondisi pasar otomotif khususnya penjualan kendaraan roda dua yang telah mencatatkan hal yang positif di akhir tahun 2021 lalu, kami melihat peluang kebutuhan pelumas yang juga semakin meningkat," ungkap Patrick Adhiatmadja, Executive Advisor of PT FKT dan PT EMLI, dikutip dari Tribunnews.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com