Ini 5 Pekerjaan dengan Prospek Menggiurkan dalam Beberapa Tahun Mendatang

Kompas.com - 03/04/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah memberikan disrupsi besar bagi dunia pekerjaan.

Menurut laporan dari World Economic Forum (WEF) yang berjudul Future of Jobs Report 2020, terdapat 85 juta jenis peran pekerjaan yang tergantikan dalam lima tahun kedepan.

Dapat dikatakan bahwa perusahaan sekarang telah mengadopsi pemanfaatan teknologi dalam mengefisiensikan tenaga kerja bersamaan dengan tujuan bisnisnya.

Baca juga: Ini 10 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Tahun 2021

 

CEO dan Co-Founder Cakap, Tomy Yunus mengatakan bahwa integrasi antara bisnis dan teknologi membuat banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan kapasitas digital yang andal.

"SDM Indonesia perlu memperkaya diri dengan kompetensi dan skill yang relevan di zaman sekarang. Dapat dilihat dari laporan Future of Jobs dari WEF yang memberikan beberapa pekerjaan serta skill yang paling dibutuhkan dalam beberapa tahun ke depan. Pekerjaan yang berkaitan dengan sistem komputer dan digitalisasi merupakan peran yang paling dibutuhkan," kata dia melalui keterangan tertulis, Minggu (3/4/2022).

Baca juga: Ini 10 Profesi dengan Gaji Besar di Perusahaan e-Commerce

Ia menambahkan, tidak hanya lulusan ilmu teknologi yang bisa memiliki pekerjaan menguasai digital, setiap orang bisa mempelajari ilmu komputer tersebut dari berbagai sumber, salah satunya platform pembelajaran daring.

Oleh karena itu, Cakap, melalui program upskilling menjadi salah satu solusi bagi masyarakat melalui berbagai pilihan kelas vokasi atau pelatihan kemampuan.

"Kelas ini dapat berguna bagi SDM Indonesia dalam mengembangkan dan memperkaya skillnya agar menjadi SDM yang kompetitif dan berdaya saing global," ujarnya.

Baca juga: Penting untuk Melamar Kerja Selain CV, Ini Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia

5 pekerjaan paling dicari untuk beberapa tahun mendatang

Berdasarkan laporan dari WEF, berikut lima pekerjaan yang memiliki prospek menjanjikan dan paling dicari perusahaan untuk beberapa tahun mendatang:

1. Data Analyst atau Data Scientist

Data analyst merupakan peran yang meneliti informasi menggunakan alat analisis data. Hasil dari analisis data ini sangat penting bagi perusahaan dalam memberikan keputusan bisnis untuk mengembangkan perusahaannya.

Data analyst menggunakan berbagai aplikasi dan program pengolahan data dalam pekerjaan sehari-harinya, seperti Microsoft Excel, Tableau, dan SQL.

2. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning Specialist

Artificial Intelligence (AI) dikenal sebagai kecerdasan buatan yang mana sering dikaitkan dengan sistem komputer dalam meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Peran AI telah membantu berbagai industri dalam mengefisiensi bisnis serta memberikan kepuasan dalam pelanggan. Salah satu bagian dari AI adalah machine learning yang merujuk pada software dan hardware.

Machine learning membutuhkan algoritma untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah, volume, dan skala besar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.