Cek Jalur Tol Japek II Selatan yang Gratis untuk Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 04/04/2022, 04:54 WIB


KOMPAS.com – Sebagian ruas Jalan Tol Jalan Tol Jakarta–Cikampek II Selatan atau Tol Japek Selatan dipastikan beroperasi secara fungsional pada masa mudik Lebaran 2022.

Dengan difungsionalkannya sebagian jalur Tol Japek II Selatan ini, maka para pemudik yang menggunakan mobil pribadi bisa bebas masuk pintu Tol Japek Selatan alias gratis.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumaham Rakyat (PUPR) dalam laman resminya telah memastikan bahwa Tol Japek Selatan menjadi salah satu tol yang siap beroperasi fungsional pada masa mudik Lebaran 2022.

Baca juga: Pahami Batas Kecepatan Mobil di Jalan Tol agar Tidak Kena Tilang

“Terdapat beberapa ruas baru yang akan difungsionalkan mendukung arus mudik nanti baik di Aceh, Bengkulu, dan rencana fungsional Jalan Tol Japek 2 Selatan untuk arus balik secara parsial," jelas Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit, dikutip Senin (4/4/2022).

Jalur Tol Japek II Selatan untuk mudik Lebaran 2022

Pengoperasian Tol Japek Selatan pada masa mudik Lebaran tidak berlaku untuk semua ruas sepanjang trase sesuai peta Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini.

Hal tersebut mengingat kondisi Tol Japek Selatan terkini yang masih dalam proses pembangunan, dan sebagian juga masih dalam tahap pembebasan lahan.

Dari semua trase yang ada pada peta Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Kementerian PUPR menjelaskan bahwa yang rencananya akan difungsionalkan yaitu ruas Tol Jakarta Cikampek-Selatan dari simpang susun (SS) Sadang hingga SS Kutanegara.

Baca juga: Yang Bukan April Mop 1 April 2022: E-Tilang di Tol, Harga Pertamax dan PPN Naik

Jalur Tol Japek II Selatan SS Sadang- SS Kutanegara memiliki panjang 8,6 Km, yang termasuk bagian dari pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar–Sadang).

Progres pembangunan Tol Japek Selatan

Jalan Tol Jakarta–Cikampek II Selatan merupakan jalan Tol yang sedang dalam tahap pembangunan, menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan memiliki panjang 64 Km yang terdiri dari 3 Paket, yang pembangunannya dimulai lebih dulu dari Paket 3.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.