Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Mudik Lebaran, Simak Cara Pesan Tiket Kereta Api Online via KAI Access

Kompas.com - 04/04/2022, 08:12 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah membuka pembelian tiket kereta api untuk periode mudik Lebaran 2022.

Masyarakat kini sudah bisa pesan tiket kereta api untuk H-45 keberangkatan. Dengan kata lain, masyarakat dapat pesan tiket kereta api untuk berangkat dan pulang mudik Lebaran 2022.

KAI menetapkan masa angkutan Lebaran yaitu H-10 sampai H+10 Lebaran atau 22 April hingga 13 Mei 2022.

Baca juga: Jokowi Mau Pamer Kereta Cepat Jakarta-Bandung ke Kepala Negara G20

Pada periode tersebut, KAI memprogramkan perjalanan KA rata-rata 401 KA per hari. Dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 216.608 tempat duduk KA Jarak Jauh dan KA Lokal per hari.

Pesan tiket kereta api bisa melalui berbagai platform, seperti aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket kereta api lainnya.

Namun, agar memudahkan pemesanan, pada artikel kali ini hanya akan membahas pesan tiket kereta api online melalui KAI Access.

Sebelum menyimak cara pesan tiket kereta api online berikut, silakan unduh aplikasi KAI Access di ponsel masing-masing dan siapkan data diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Pesan tiket kerta api online via KAI Access

Apabila belum pernah melakukan pemesanan tiket kereta api online melalui aplikasi KAI Access, maka dapat melakukan registrasi akun terlebih dahulu.

Cara registrasi akun, dengan memilih menu Akun. Kemudian pilih menu Daftar dan Daftar Sekarang.

Pendaftaran hanya perlu nomor telepon dan alamat email yang masih aktif. Jika sudah berhasil membuat akun, maka pengguna bisa pesan tiket kereta api yang diinginkan.

Berikut cara pesan tiket kereta api online menggunakan aplikasi KAI Access:

  1. Buka aplikasi KAI Access.
  2. Pada halaman utama aplikasin, isi kolom pencarian, seperti asal dan tujuan stasiun, tanggal berangkat, kelas kereta, dan jumlah penumpang. Klik Cari.
  3. Halaman aplikasi akan menampilkan berbagai jenis tiket kereta api sesuai dengan pencarian kereta yang sudah diisi. Pengguna bisa membaningkan jenis kereta, kelas kereta, waktu keberangkatan, dan harga sesuai dengan kebutuhannya. Pilihlah tiket kereta api sesuai yang diperlukan.
  4. Jika sudah memilih tiket kereta api, pengguna bisa isi data penumpang meliputi nomor identitas penumpang bisa berupa KTP atau paspor, nama lengkap, dan tipe penumpang.
  5. Kemudian klik "Pilih Kursi" untuk memilih gerbong dan nomor kursi sesuai dengan yang diinginkan.
  6. Jika kursi sudah dipilih, maka halaman aplikasi akan berubah dan silakan centang syarat dan ketentuan pesan tiket kereta api online. Lalu pilih "Bayar Sekarang".
  7. Pada menu pembayaran, pengguna bisa memilih metode membayaran yang diinginkan.
  8. Lakukan pembayaran tiket kereta api online sesuai dengan metode pembayaran yang sudah dipilih dan jumlah yang harus dibayar.
  9. Apabila pembayaran sukses, pengguna akan mendapatkan email bukti pembayaran tiket kereta online dan kode booking.

Baca juga: Tiket Kereta Lebaran Baru Terjual 40 Persen, KAI: Masih Ada 144.000 Tiket Siap Dipesan

Setelah pesan tiket kereta online berhasil, pengguna dapat mencetak sendiri tiket di loket stasiun keberangkatan atau meminta bantuan petugas KAI menggunakan kode booking.

Sebelum jadwal keberangkatan, pastikan sudah melengkapi pesyaratan perjalanan kereta api periode mudik Lebaran 2022 sesuai ketentuan.

Pesan tiket kereta api online lebih mudah dengan aplikasi KAI Access. Walaupun aplikasi travel seperti tiket.com dan Traveloka juga Tokopedia menyediakan pemesanan tiket kereta online.

Itulah cara pesan tiket kereta api online via aplikasi KAI Access. Harap teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan.

Baca juga: Jokowi, Xi Jinping, dan Mohammed bin Zayed Bakal Lihat Langsung Trial Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com