Melantai di BEI, Perusahaan Teknologi Virtual WIRG Incar Dana Rp 431,9 Miliar

Kompas.com - 04/04/2022, 10:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT WIR ASIA Tbk (WIRG) resmi melakukan pencatatan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (4/4/2022).

Jumlah saham yang ditawarkan melalui penawaran umum tersebut sebanyak 2,33 miliar saham, dengan harga Rp 168 miliar per lembar saham.

Saham tersebut mewakili 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum perdana saham dan 233,7 juta saham tambahan karena terjadi kelebihan pemesanan pada penjatahan terpusat.

Dari hasil penawaran umum ini, WIRG membidik dana segar senilai Rp 431,9 miliar. Dana IPO tersebut nantinya akan digunakan untuk belanja modal, modal kerja, dan pengembangan usaha perseroan dan atau perusahaan anak, khususnya dalam mengembangkan teknologi yang berbasis pada Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI).

Baca juga: Lebih Murah Harga Minyak Goreng di Indomaret, Alfamart, atau Griya Yogya? Ini Perbandingannya

Secara rinci, sekitar 80,59 persen dana dari IPO akan digunakan oleh perusahaan anak, yaitu PT ARE Teknologi Kreasi (ATK), PT Tiga Akar Mimpi (TAM), dan PT Vatar Media Raya (VMR), untuk belanja modal dan modal kerja

Kemudian sekitar 7,40 persen akan digunakan oleh Perseroan untuk belanja modal. Lalu, sekitar 6,72 persen akan digunakan untuk modal kerja, dan sisanya akan digunakan untuk pengembangan usaha dan atau ekspansi melalui kemitraan strategis dengan Perseroan dan atau perusahaan anak.

Direktur Utama WIRG Michel Budi mengatakan, dalam melaksanakan kegiatan usahanya, WIRG memiliki visi untuk menyediakan dunia metaverse yang dapat dinikmati semua orang.

Dunia metaverse memungkinkan penggunanya dapat bertransformasi ke dunia virtual sebagai avatar untuk dapat bekerja, belajar, dan berinteraksi satu sama lain sehingga segala sesuatunya dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.

Baca juga: Simak Rincian Terbaru Harga Emas Antam 0,5 Gram hingga 1 Kilogram

"Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi kami, PT WIR ASIA Tbk atau WIRG, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, augmented reality, yang juga mencakup virtual reality dan artificial intelligence untuk menjadi perusahaan yang tercatat di BEI," ucapnya saat seremoni virtual, Senin (4/4/2022).

Sementara itu, Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan, WIRG merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.