Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Tangani Pakta Ramah Lingkungan, Jajaran KBRI di AS Berkomitmen untuk Implementasi secara Holistik

Kompas.com - 04/04/2022, 14:20 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan P Roeslani dan seluruh jajaran perwakilan RI di AS menandatangani Pakta Ramah Lingkungan pada Jumat (1/4/2022).

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberi pesan tertulis bahwa masa depan Indonesia bergantung pada kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Untuk memastikan kehidupan saat ini dan generasi mendatang yang lebih baik, kata dia, seluruh jajaran Kementerian Luar Negeri harus memprioritaskan kebijakan yang mengedepankan budaya ramah lingkungan.

Adapun penandatanganan Pakta Ramah Lingkungan merupakan salah satu pengimplementasian komitmen tersebut.

Dubes Rosan Roeslani menekankan bahwa implementasi Pakta Ramah Lingkungan akan mencakup seluruh aspek, mulai dari pemberdayaan manusia dalam tata kelola pembangunan berkelanjutan, institusi yang kuat, serta penganggaran yang inklusif, akan diprioritaskan dan diberdayakan.

“Selain berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon, inisiatif gerakan ramah lingkungan di seluruh perwakilan Indonesia di AS bertujuan untuk menimimalisasi, mengadaptasi, serta memitigasi dampak perubahan iklim di tempat kerja,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (4/4/2022).

Implementasi di lingkungan KBRI

Ia melanjutkan, dengan penandatangan pakta tersebut, pihak KBRI di AS bertekad untuk menerapkan tata kelola pembangunan berkelanjutan dan budaya korporasi ramah lingkungan secara holistik, serta mencapai implementasi secara penuh dan utuh pada 2025.

Sebagai langkah pertama implementasi, KBRI akan menerapkan prinsip reduce, reuse, dan recycle melalui manajemen dan pengolaan limbah.

Hal lainnya adalah tidak menggunakan produk plastik sekali pakai, serta mengganti moda transportasi secara bertahap dengan menggunakan kendaraan berbasis listrik atau rendah karbon.

Selain itu, gedung KBRI Washington DC yang telah berusia lebih dari 120 tahun akan dievaluasi untuk juga menginkorporasi energi bersih dan efisien," ujar Dubes Rosan.

Sebagai informasi, seremoni penandatanganan Pakta Ramah Lingkungan diikuti oleh Kepala Perwakilan RI dan jajaran KBRI Washington DC, Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) New York, Konsulat Jenderal republik Indonesia (KJRI) New York, KJRI Chicago, KJRI Houston, KJRI Los Angeles, dan KJRI San Francisco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com