Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga April 2022, Program PEN Baru Terealisasi 6,4 Persen dari Rp 455,62 Triliun

Kompas.com - 04/04/2022, 16:30 WIB
Fika Nurul Ulya,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mencatat realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) baru mencapai Rp 29,3 triliun dari pagu Rp 455,62 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, realisasi itu baru berkisar 6,4 persen dari alokasi yang disediakan pemerintah untuk tahun 2022.

"Terkait dengan pemulihan ekonomi, disampaikan Per April 2022 realisasinya Rp 29,3 triliun atau 6,4 persen dari alokasi Rp 455,62 triliun," kata Airlangga dalam konferensi pers Update Penanganan Pandemi Covid-19, di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/4/2022).

Baca juga: Tiga Mekanisme Pencairan BLT Pangan April 2022, Termasuk BLT Minyak Goreng: Melalui PT Pos, di Bank Himbara, dan TNI/Polri

Mantan Menteri Perindustrian ini menuturkan, realisasi digelontorkan untuk tiga klaster, yakni klaster kesehatan, klaster perlindungan masyarakat, dan klaster penguatan ekonomi.

Untuk klaster kesehatan, realisasinya baru Rp 1,55 triliun. Sementara itu, klaster perlindungan masyarakat sudah tersalur Rp 22,74 triliun, berkat front loading bantuan sosial (bansos).

"Perlindungan masyarakat Rp 22,74 triliun, ini untuk PKH, sembako, Kartu Prakerja, BLT desa, dan bantuan pedagang kaki lima warung dan nelayan," ucap Airlangga.

Sementara itu, klaster penguatan ekonomi terealisasi Rp 5 triliun dari pagu anggaran. Bantuan di klaster ini berupa pemulihan dan penguatan untuk sektor pariwisata dan sektor pangan, serta insentif perpajakan.

Baca juga: Sudah 3 Bulan, Anggaran PEN Baru Tersalur 5 Persen dari Pagu Rp 455,62 Triliun

Sebelumnya diberitakan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, anggaran PEN digunakan untuk mendukung penanganan pandemi dan perlindungan kepada masyarakat terdampak, serta mendukung perekonomian.

Utamanya untuk penciptaan lapangan kerja yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.

"Kita hanya membuat tiga kategori saja pada tahun ketiga pandemi. Dan ini memberikan kita fokus pada 3 hal, kesehatan tetap penting, lalu ada (anggaran) perlinsos dalam bentuk daya beli masyarakat, dan (anggaran) pemulihan ekonomi terutama untuk sektor-sektor yang kita harap akan kembali pulih dalam bergerak," ucap dia beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com