KILAS

Kementan Klaim Pertanian di Lampung Selatan Berkembang Pesat Berkat Irigasi Perpompaan

Kompas.com - 04/04/2022, 20:20 WIB


KOMPAS.com – Dalam siaran persnya Senin (4/4/2022), Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim bahwa sektor pertanian di Lampung Selatan mengalami perkembangan yang cukup pesat berkat program irigasi perpompaan.

Adapun program tersebut direalisasikan Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan.

Salah satu kelompok tani di Lampung Selatan yang mendapat bantuan program irigasi perpompaan adalah Kelompok Tani Karya Lestari di Desa Karang Rejo, Kecamatan Jati Agung.

Direktur Irigasi Ditjen PSP Kementan Rahmanto mengatakan, irigasi perpompaan di kelompok tersebut diselenggarakan untuk menjaga tingkat kesejahteraan petani.

“Kementan akan terus memastikan air selalu tersedia untuk mendukung produksi pertanian, salah satunya melalui irigasi perpipaan,” tutur Rahmanto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Kembangkan Agriculture War Room, Kementan Raih Penghargaan Digital Innovation Award 2022

Ia mengatakan, irigasi perpompaan sangat memudahkan petani dalam sistem pengairan. Sebab, irigasi perpompaan yang dijalankan berasal dari aspirasi masyarakat yang mempunyai nilai tambah untuk menyejahterakan masyarakat.

“Kunci utama irigasi perpompaan yakni adanya sumber air dengan memanfaatkannya melalui pompa ini maka lahan kami dapat terairi dengan baik,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, irigasi perpompaan merupakan program pengairan di lahan pertanian. Hal ini dilakukan agar budidaya pertanian yang dilakukan petani dapat berkembang dengan lebih baik.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, jenis irigasi yang dikembangkan oleh Kementan adalah irigasi perpompaan dan perpipaan.

Ia mengatakan, tujuan dari program itu adalah untuk memanfaatkan potensi sumber air permukaan sebagai suplesi air irigasi untuk komoditas tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, serta budidaya ternak. Hal ini dapat dilakukan baik di daerah irigasi maupun nondaerah irigasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.