Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Penukaran Uang Lebaran Kembali Dibuka, Bisa Online atau Datang Langsung

Kompas.com - 05/04/2022, 08:07 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) kembali membuka layanan penukaran uang rupiah baru atau layanan keliling selama Ramadhan untuk memenuhi kebutuhan 'uang kecil' masyarakat pada periode Idul Fitri.

Layanan itu sudah kembali dioperasikan bank sentral sejak Senin (4/4/2022) sampai dengan 29 April mendatang, setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

"Kita buka kembali layanan penukaran uang untuk melayani masyarakat," ujar Deputi Gubernur BI, Aida S Budiman, dalam Kick Off Serambi Rupiah Ramadhan, Senin.

Baca juga: Jelang Lebaran, BI Ingatkan Masyarakat Bahaya Tukar Uang di Lokasi Tak Resmi

BI memutuskan untuk kembali membuka layanan tersebut setelah mempertimbangkan kondisi penyebaran Covid-19 yang semakin membaik dan terus dilonggarkannya berbagai aktivitas masyarakat, termasuk mudik Lebaran nanti.

Selain membuka kembali, BI juga memperluas layanan penukaran uang tersebut, dengan menambah jumlah titik penukaran. Ini merupakan respons bank sentral dari adanya potensi kenaikkan kebutuhan uang tunai di kalangan masyarakat.

Layanan penukaran uang akan dilaksanakan di 5.013 titik penukaran atau naik 8 persen dari tahun lalu, di mana titik penukaran meliputi 453 titik penukaran di wilayah Jabodebek, dan 4.560 di luar wilayah Jabodebek.

Penukaran uang bisa dipesan lewat aplikasi

Bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang melalui layanan kas keliling BI, dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR.

Aplikasi tersebut disiapkan BI untuk memudahkan masyarakat menemukan titik kas keliling, melakukan penjadwalan, dan menentukan nominal uang tunai yang ingin ditukarkannya.

Di sisi lain, aplikasi itu juga disiapkan untuk meminimalisir adanya kerumunan di satu titik penukaran uang, sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan.

"Nanti di situ (PINTAR) bisa melakukan pemesanan apa yang bapak/ibu inginkan, pada tanggal berapa, jumlahnya berapa, itu bisa dilakukan," kata Aida.

Adapun cara melakukan pemesanan uang melalui aplikasi PINTAR adalah sebagai berikut:

- Buka aplikasi PINTAR. Pada halaman utama PINTAR, pilih menu kas keliling.

- Selanjutnya pilih provinsi lokasi penukaran uang rupiah melalui kas keliling yang diinginkan. Aplikasi PINTAR selanjutnya menampilkan daftar lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia yang dapat dipilih.

- Isi data pemesanan meliputi NIK-KTP, nama, no telepon, dan email.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com