Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Pentingnya Employer Branding Buat Perusahaan

Kompas.com - 05/04/2022, 11:05 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Amira Mayariza Ghina, Dr. Ir. Rita Markus Idulfilatri, M.Psi.T, dan Dhindayanti Putri, M.Psi

BANYAK orang mempunyai dream company untuk meniti karir kedepannya. Pernahkah kita terpikirkan mengapa ingin menjadi karyawan di perusahaan tersebut?

Mungkin saja karena yang tersebar bahwa gaji di perusahaan itu besar, benefit yang diberikan kepada karyawannya banyak, sangat mendukung work-life balance, dan mungkin bisa menjadi ajang flexing tersendiri apabila bekerja di perusahaan tersebut.

Hal tersebut merupakan salah satu dampak dari employer branding perusahaan.

Menurut Arasanmi dan Krishna (2019), employer branding merupakan upaya untuk mempromosikan hal-hal unik yang ada di perusahaan untuk membedakannya dengan perusahaan lain agar membuat perusahaan tersebut menjadi tempat kerja yang diinginkan karyawan.

Employer branding ini ditujukan kepada pihak eksternal maupun internal.

Karyawan tentu ingin memiliki rasa bangga dan senang terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

Employer branding memberikan gambaran kepada calon karyawan tentang bagaimana rasanya bekerja di perusahaan, sekaligus mendorong budaya kerja yang positif bagi karyawan yang ada.

Ini merupakan konsep penting karena setiap perusahaan harus berlomba-lomba untuk terlihat menjadi perusahaan yang terdepan dan juga banyak diminati oleh calon karyawan.

Bagaimana perusahaan bisa memberikan kepuasan bagi karyawannya sudah bisa dilakukan pada saat masa rekrutmen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.