KKP: Enggak Perlu Ribut, kalau Daging Mahal Beralih ke Ikan, Stoknya Aman Sampai Lebaran...

Kompas.com - 05/04/2022, 11:30 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkirakan produksi perikanan meningkat selama bulan suci Ramadhan, baik dari perikanan tangkap maupun budidaya.

Dengan peningkatan ini, KKP menjamin stok ikan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat lebaran, bahkan jika terjadi lonjakan permintaan menyusul tidak lagi ada larangan mudik.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Muhammad Zaini Hanafi memperkirakan, kebutuhan ikan selama Ramadhan dan hari raya Idul Fitri mencapai 2,64 juta ton.

Sementara itu, produksi perikanan mendekati 3 juta ton yang berasal dari perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

"Peningkatan produksi inilah yang kita gunakan untuk antisipasi kemeriahan Lebaran tahun ini,” ujar Muhammad Zaini Hanafi dalam siaran pers, Selasa (5/4/2022).

Baca juga: KKP: Kapal yang Menangkap Ikan di Laut Indonesia Wajib Pakai ABK Lokal

Zaini menuturkan, tingginya volume produksi ikan menyusul meningkatnya penerbitan izin perikanan tangkap dalam kurun waktu Januari hingga Maret 2022.

Seturut catatannya, penerbitan izin meningkat 70 persen dibanding periode serupa tahun sebelumnya, yakni dari 1.414 menjadi 2.383 izin.

"Sekarang pelaku perikanan tangkap lebih bergairah ditandai dengan meningkatnya izin yang terbit, baik izin berusaha penangkapan maupun Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Dengan banyaknya kapal yang aktif melaut saat ini, berarti itu juga akan identik dengan peningkatan produksi," ucap dia.

Baca juga: Ramadhan dan Idul Fitri, KKP: Stok Ikan Akan Melimpah

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Tb Haeru Rahayu menambahkan, peningkatan produksi terjadi di subsektor perikanan budidaya.

Berdasarkan perkiraan, panen ikan budidaya secara nasional dari Januari hingga April mencapai 1,5 juta ton yang berlangsung di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimatan, Bali - Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Pulau Maluku - Papua.

“Dengan hasil panen itu, tentunya akan menambah stok ikan nasional selain dari perikanan tangkap, untuk kebutuhan Ramadhan dan Lebaran tahun ini,” ujar Tb Haeru.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.