Nilai Transaksi "E-commerce" RI Tembus Rp 30,8 Triliun Per Februari 2022

Kompas.com - 05/04/2022, 12:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat, transaksi ekonomi dan keuangan digital, dalam hal ini e-commerce, masih mengalami pertumbuhan seiring dengan semakin tingginya akseptasi dari masyarakat.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta mengatakan, pertumbuhan terjadi pada nilai dan juga volume transaksi e-commerce secara tahunan (year on year/yoy).

Baca juga: Tantangan E-Commerce 2022: Mempertahankan Loyalitas Konsumen

Tercatat nilai transaksi e-commerce pada Februari 2022 mencapai Rp 30,8 triliun, tumbuh sekitar 12 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp 27,3 triliun.

Adapun total volume transaksi e-commerce mencapai 222,9 juta transaksi pada Februari 2022, meningkat sekitar 27 persen dibanding Februari tahun lalu sebanyak 174,6 juta transaksi.

Baca juga: Bos Blibli: E-commerce Menunjukkan Pertumbuhan yang Eksponensial Dalam 2 Taahun Terakhir

Transaksi e-commerce Januari 2022 vs Februari 2022

Meskipun demikian, jika dibandingkan bulan sebelumnya, baik nilai maupun volume transaksi e-commerce pada Februari kemarin mengalami penurunan.

BI mencatat, pada Januari 2022 nilai transaksi e-commerce mencapai Rp 35,8 triliun dengan volume transaksi mencapai 261,5 juta transaksi.

"Memang kalau dibandingkan Januari ke Februari ada sedikit penurunan. Karena apa? Karena ini faktor seasonal, habis bapak ibu belanja habis-habisan di Nataru di Januari, Februari biasanya kan turun," tutur Filianingsih, dalam Taklimat Media, dikutip Selasa (5/4/2022).

Baca juga: Hasil Survei: 42 Persen Pengguna E-commerce Miliki Loyalitas Rendah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.