OJK Cabut Izin Usaha Koperasi LKM Syariah Al Ummahat

Kompas.com - 05/04/2022, 12:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Al Ummahat.

Deputi Komisioner Pengawas IKNB II selaku Plt. Deputi Komisioner Pengawas IKNB I, Moch. Ihsanuddin mengatakan, pencabutan izin usaha Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Al Ummahat dilakukan sehubungan dengan permohonan pengurus Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Al Ummahat secara sukarela.

"(Pencabutan izin) telah mendapatkan persetujuan anggota koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Al Ummahat melalui Rapat Anggota Tahunan,” ujar Ihsanuddin dikutip dalam keterangan resmi beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sindrom “Semua Bikin Sendiri” di Koperasi

Dengan adanya pencabutan izin usaha Koperasi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Syariah Al Ummahat maka, pertama, koperasi dilarang melaksanakan kegiatan usaha sebagai Lembaga Keuangan Mikro Syariah.

Kedua, pengurus Koperasi LKM Syariah Al Ummahat diminta agar melakukan rapat anggota. Hal ini bertujuan untuk membubarkan badan hukum Lembaga Keuangan Mikro Syariah dan membentuk tim likuidasi.

"Penyelesaian hak dan kewajiban Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Al Ummahat akan dilakukan oleh Tim Likuidasi yang akan dibentuk sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku," jelas dia.

Baca juga: Menkop UKM Geram Tak Ada Sanksi Molornya Pembayaran Homologasi 8 KSP: Susun UU Koperasi Baru

Terakhir, pengurus Koperasi LKM Syariah Al Ummahat dilarang untuk menggunakan frasa Lembaga Keuangan Mikro Syariah.

Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Al Ummahat sendiri beralamat di Jalan Surodinawan No. 82, Kota Mojokerto.

Sementara, pencabutan izin usaha Koperasi LKM Syariah Al Ummahat sudah ditetapkan terhitung sejak tanggal 29 Maret 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.