Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehabisan Tiket Kereta Api Lebaran? Coba Manfaatkan Fitur "Connecting Train"

Kompas.com - 05/04/2022, 12:38 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyarankan masyarakat yang kehabisan tiket kereta api Lebaran 2022 mencari tanggal keberangkatan dan rute alternatif lain. Salah satu caranya yaitu lewat fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, fitur Connecting Train akan membantu calon penumpang mendapatkan informasi terkait alternatif perjalanan kereta api Lebaran 2022.

"Calon pelanggan dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta dengan sifat persambungan," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (4/4/2022).

Baca juga: Persiapan Mudik Lebaran, Simak Cara Pesan Tiket Kereta Api Online via KAI Access

Berdasarkan data KAI, hingga 4 April 2022, KAI telah menjual 533.438 tiket kereta api jarak jauh atau 22 persen dari total tiket yang disediakan. Artinya, tiket kereta api masih cukup banyak tersedia.

Namun, berdasarkan pantauan Kompas.com, tiket kereta api untuk berbagai tujuan khusus keberangkatan tanggal 27, 28, 29, dan 30 April 2022 sudah habis dipesan sejak Kamis (31/3/2022).

KAI sebenarnya berencana menambah perjalanan kereta api untuk periode mudik Lebaran 2022. Namun BUMN kereta api tersebut masih melihat perkembangan penjualan tiket kereta selama periode tersebut.

Pasalnya, tiket kereta pada masa angkutan Lebaran 2022 masih cukup banyak tersedia untuk keberangkatan di tanggal-tanggal tertentu.

Baca juga: Kemenhub Bakal Gelar Mudik Gratis 29-30 April 2022, Intip Syaratnya

"Untuk penjualannya masih kami pantau perkembangannya, kami akan menginfokan jika tiket (tiket KA tambahan) tersebut akan dijual," kata Joni.

Adapun KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau 22 April hingga 13 Mei 2022.

Penumpang juga sudah dapat memesan tiket kereta api untuk berangkat dan pulang mudik dengan H-45 keberangkatan.

Tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2022 dapat dipesan melalui KAI Access, web kai.id, dan seluruh kanal penjualan tiket KAI resmi lainnya.

Baca juga: Update Syarat Perjalanan Mudik Lebaran 2022 Menggunakan Kereta Api

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com