BCA Siapkan Uang Tunai Rp 58,12 Triliun pada Periode Ramadhan dan Lebaran 2022

Kompas.com - 05/04/2022, 16:14 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meningkatkan pasokan uang tunai untuk periode Ramadhan hingga Idul Fitri atau Lebaran tahun ini, guna mengantisipasi adanya kenaikkan permintaan dari masyarakat.

Bank dengan kode emiten BBCA itu menyediakan uang tunai sebesar Rp 58,12 triliun pada periode Ramadhan hingga Idul Fitri tahun ini, meningkat 7 persen dari periode yang sama tahun lalu.

"Kami berharap perekonomian nasional di bulan Ramadhan ini berangsur pulih normal dengan penggerakan daya beli masyarakat," ujar Wakil Presiden Direktur BCA, Armand W. Hartono, dalam keterangannya, Selasa (5/4/2022).

Baca juga: Kemenhub Telah Rampungkan Pembangunan 2 Bandara Baru

Sebagaimana diketahui, kebutuhan uang tunai pada periode Ramadhan kali ini diproyeksi meningkat, seiring dengan mulai dibukanya berbagai aktivitas masyarakat, termasuk mudik Lebaran.

Merespons hal tersebut, BCA turut berpartisipasi dalam kegiatan Serambi Rupiah Ramadhan, yang merupakan program untuk menyediakan kebutuhan uang rupiah selama Ramadhan.

Lebih lanjut Armand bilang, pihaknya mulai melayani penukaran uang sejak Senin (4/4/2022) kemarin, hingga 29 April mendatang di kantor cabang bank.

Selain itu, untuk area Jabodebek, bank swasta tersbesar itu mengoperasikan mobil kas keliling di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, mulai tanggal 18 hingga 29 April mendatang.

"Semoga layanan penukaran uang tunai ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh seluruh nasabah maupun masyarakat Indonesia," kata Armand.

Baca juga: Sri Mulyani: Dulu Tantangan Masyarakat adalah Pandemi, Sekarang Kenaikan Harga Pangan

Kebutuhan uang tunai meningkat

Kebutuhan uang tunai pada periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini diproyeksi meningkat dibanding periode yang sama pada tahun lalu, seiring dengan dibukanya berbagai aktivitas masyarakat, termasuk mudik Lebaran.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, BI menyiapkan uang tunai sebesar Rp 175,2 triliun pada periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, meningkat 13,42 persen dibanding periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp 154,4 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.