Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prudential Syariah Siap Garap Potensi Ekonomi Syariah di Indonesia

Kompas.com - 05/04/2022, 17:04 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) resmi diluncurkan pada Selasa (5/4/2022).

President Director of Prudential Indonesia Michellina Laksmi Triwardhany mengatakan, Prudential Syariah menjadi perusahaan joint venture pertama yang didirikan oleh Prudential Indonesia.

"Ini menjadi anak perusahaan kami yang pertama dengan nama Prudential Syariah Indonesia. Ini merupakan mimpi bagi kami. Prudential Indonesia selalu berkomitmen menjadikan masyarakat Indonesia lebih sehat dan sejahtera," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (5/4/2022).

Baca juga: BCA Siapkan Uang Tunai Rp 58,12 Triliun pada Periode Ramadhan dan Lebaran 2022

Seperti diketahui, Prudential Syariah secara resmi telah memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan diberikannya izin usaha di bidang asuransi jiwa dengan prinsip syariah kepada PT Prudential Sharia Life Assurance.

Hal itu berdasarkan Keputusan Dewan Komisioner nomor KEP-16/D.05/2022 pada tanggal 11 Maret 2022 tentang Pemberian Izin Usaha di Bidang Asuransi Jiwa dengan Prinsip Syariah kepada PT Prudential Sharia Life Assurance.

Ia menambahkan, Prudential sendiri telah menggarap sektor syariah sejak 2007. Dengan adanya Prudential Syariah, pihaknya ingin berkontribusi lebih dalam perekonomian syariah di Indonesia.

"Kami melihat tren di Indonesia, para middle class dan milenial makin sadar dengan melakukan kegiatan finansial yang bersifat syariah," imbuh dia.

Ia bilang, awalnya pemerintah mengeluarkan UU No 40 tahun 2014 dan POJK nomor 62 tahun 2016 tentang Transformasi Lembaga Keuangan Syariah.

Baca juga: Kemenhub Telah Rampungkan Pembangunan 2 Bandara Baru

Pemerintah lantas mengimbau perusahaan asuransi untuk melakukan spin off atas bisnis asuransi syariahnya sebelum tahun 2024. Dengan itu, Prudential Syariah menjadi perusahaan multinasional pertama yang melakukan spin off di tahun 2022.

Ia bilang, Prudential Syariah telah menyiapkan 49 produk syariah untuk segala kalangan. Ia menekankan, tidak ada kompromi untuk produk syariahnya. Artinya kata dia. produk syariah dari Prudential Syariah sama bagusnya dengan Pridential konvensional.

Prudential Syariah juga telah menyiapkan solusi digital agar nasabah mendapatkan kemudahan dalam mengakses layanan dari Prudential Syariah.

"Saya ingin Prudential Syariah lebih besar lagi dari Prudential konvensional," tandas dia.

Baca juga: Siap-siap, OCBC NISP Tebar Dividen Rp 504 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com