Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Pantro Pander Silitonga, Calon Kepala Eksekutif IKNB OJK Periode 2022-2027

Kompas.com - 05/04/2022, 18:31 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memasuki tahap uji kelayakan atau fit and proper test oleh DPR.

Proses itu merupakan lanjutan setelah diserahkannya 14 nama calon anggota Dewan Komisioner OJK oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Komisi XI DPR.

Pengawasan industri keuangan non bank (IKNB) menjadi salah satu sektor yang disoroti banyak pihak dalam pemilihan calon anggota Dewan Komisioner OJK.

Pasalnya, selama beberapa waktu terakhir IKNB diterpa berbagai permasalahan, seperti permasalahan dari industri asuransi dan industri financial technology atau fintech.

Baca juga: Prudential Syariah Siap Garap Potensi Ekonomi Syariah di Indonesia

Hal itu tidak terlepas dari kompleksnya pengawasan di IKNB, yang memang memiliki banyak subsektor di dalamnya.

Oleh karenanya, calon anggota dewan komisioner terpilih menempati posisi kepala eksekutif IKNB diprediksi akan mengemban tugas dan tanggung jawab berat dalam menuntaskan berbagai permasalahan, mulai dari sengketa dan kerugian konsumen terkait bisnis asuransi.

Kemudian permasalahan pinjol illegal, serta tantangan untuk meningkatkan fungsi pengawasan, pengaturan dan penindakan dalam kompartemen ini. 

Baca juga: Kembangkan Sayap Bisnis, Accor Gandeng Traveloka

Profil Pantro Pander Silitonga

Nama Pantro Pander Silitonga menjadi salah satu nama kandidat yang bersaing untuk meneruskan kepemimpinan Riswinandi sebagai Kepala Eksekutif IKNB.

Pria lulusan Indiana University, Bloomington dengan gelar Bachelor of Science in Process Re-Engineering, Operations & Accounting itu saat ini menjabat sebagai Direktur Bisnis Indonesia Financial Group (IFG).

Selain itu, Pantro juga masih aktif menjabat sebagai Komisaris di Bahana Artha Ventura setelah sebelumnya menjadi Komisaris Utama di IFG Life dan Komisaris Utama di Mandiri Capital.

Sebelumnya, Pantro juga sempat menempati berbagai posisi strategis di perusahaan swasta yang bergerak di sektor perbankan dan telekomunikasi.

Baca juga: OJK: Piutang Multifinance Mulai Bertenaga, Didorong Pembiayaan Modal Kerja dan Investasi

Tercatat Ia pernah berkarir di perusahaan konsultan global seperti BearingPoint dan Boston Consulting Group, kemudian di industri telekomunikasi selama lebih dari enam tahun di PT XL Axiata Tbk dengan posisi terakhir sebagai Vice President 4G Lte. 

Selama menjadi Komisaris Utama IFG Life, Pantro ditugaskan mengawasi program restrukturisasi Jiwasraya oleh IFG Life dalam upaya penyelamatan polis oleh pemerintah selaku pemegang saham Jiwasraya.

Di ranah fintech, Pantro telah memiliki pengalaman ekstensif dan pemahaman terkait industri keuangan digital itu, ketika dirinya menjabat sebagai Komisaris Utama Mandiri Capital.

Sebagai informasi, dalam memperebutkan posisi Kepala Eksekutif IKNB OJK 2022-2027, Pantro bersaing dengan Hoesen, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK.

Baca juga: Kabar Gembira, BLT UMKM Rp 600.000 Bakal Dilanjutkan Tahun Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com