Profil Pantro Pander Silitonga, Calon Kepala Eksekutif IKNB OJK Periode 2022-2027

Kompas.com - 05/04/2022, 18:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memasuki tahap uji kelayakan atau fit and proper test oleh DPR.

Proses itu merupakan lanjutan setelah diserahkannya 14 nama calon anggota Dewan Komisioner OJK oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Komisi XI DPR.

Pengawasan industri keuangan non bank (IKNB) menjadi salah satu sektor yang disoroti banyak pihak dalam pemilihan calon anggota Dewan Komisioner OJK.

Pasalnya, selama beberapa waktu terakhir IKNB diterpa berbagai permasalahan, seperti permasalahan dari industri asuransi dan industri financial technology atau fintech.

Baca juga: Prudential Syariah Siap Garap Potensi Ekonomi Syariah di Indonesia

Hal itu tidak terlepas dari kompleksnya pengawasan di IKNB, yang memang memiliki banyak subsektor di dalamnya.

Oleh karenanya, calon anggota dewan komisioner terpilih menempati posisi kepala eksekutif IKNB diprediksi akan mengemban tugas dan tanggung jawab berat dalam menuntaskan berbagai permasalahan, mulai dari sengketa dan kerugian konsumen terkait bisnis asuransi.

Kemudian permasalahan pinjol illegal, serta tantangan untuk meningkatkan fungsi pengawasan, pengaturan dan penindakan dalam kompartemen ini. 

Baca juga: Kembangkan Sayap Bisnis, Accor Gandeng Traveloka

Profil Pantro Pander Silitonga

Nama Pantro Pander Silitonga menjadi salah satu nama kandidat yang bersaing untuk meneruskan kepemimpinan Riswinandi sebagai Kepala Eksekutif IKNB.

Pria lulusan Indiana University, Bloomington dengan gelar Bachelor of Science in Process Re-Engineering, Operations & Accounting itu saat ini menjabat sebagai Direktur Bisnis Indonesia Financial Group (IFG).

Selain itu, Pantro juga masih aktif menjabat sebagai Komisaris di Bahana Artha Ventura setelah sebelumnya menjadi Komisaris Utama di IFG Life dan Komisaris Utama di Mandiri Capital.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.