Kemenhub Prediksi Sebanyak 36,17 Juta Orang Akan Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

Kompas.com - 06/04/2022, 16:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi mayoritas pemudik akan menggunakan kendaraan pribadi selama melakukan mudik Lebaran 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, berdasarkan survei Kemenhub, ada 36,17 juta orang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

Kemudian pemudik menggunakan transportasi umum di darat sebanyak 24,3 juta, menggunakan kereta api 7,71 juta, dan menggunakan transportasi laut 1,1 juta.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Mudik Lebaran, AP II Aktifkan Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta

Secara presentase, dari total jumlah pemudik 79,4 juta orang, sebanyak 45,5 persen menggunakan kendaraan pribadi, 12,1 persen pesawat, 9,7 persen kereta api, 1,43 persen kapal laut, dan kendaraan lain 0,8 persen.

"Beberapa hal yang menjadi perhatian kita dan menjadi catatan Pak Presiden bahwa yang menggunakan kendaraan pribadi mobil dan motor sebanyak 40 juta," ujarnya saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Rabu (6/4/2022).

Berdasarkan survei tersebut, pada mudik Lebaran 2022 ada potensi peningkatan mobilitas secara signifikan dibandingkan mudik Lebaran 2021 sebesar 167,27 persen dan libur natal dan tahun baru tahun 2021 dan 2022 sebesar 297,47 persen.

"Oleh karenanya ini harus dicermati dengan baik kami sudah berkoordinasi dengan stakeholder khususnya dengan polri untuk melakukan upaya-upaya yang baik," ucapnya.

Baca juga: Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Telah Terjual 533.438 Tiket

Survei tersebut juga menunjukkan arus puncak mudik akan terjadi tanggal 29 dan 30 April dan arus balik mudik tanggal 8 Mei mendatang.

Selain itu, asal perjalanan pemudik paling banyak dari Jabodetabek sebesar 13 juta orang dan Jawa Timur. Sementara tujuan mudik terbanyak adalah Jawa Tengah.

Oleh karenanya, Kemenhub berkoordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga serta stakeholder terkait untuk berkoordinasi dan mendiskusikan seputar Angkutan Lebaran 2022.

Hal ini agar pemerintah dapat mengantisipasi potensi lonjakan penumpang yang tinggi pada jalur-jalur mobilitas dan simpul transportasi.

"Kami minta tolong kepada Pak Menteri PUPR agar jalan tol yang ada di Jawa yang jumlahnya banyak dilakukan suatu perbaikan agar perjalanan menjadi baik," tutur dia.

Baca juga: Update Syarat Perjalanan Mudik Lebaran 2022 Menggunakan Kereta Api

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.