Blibli Kumpulkan 17.000 Sampah Kosmetik untuk Didaur Ulang

Kompas.com - 06/04/2022, 17:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Blibli berhasil mengumpulkan lebih dari 12.000 kemasan produk kecantikan, serta hampir 5.000 kardus kemasan produk kecantikan dari ribuan orang yang mengunjungi instalasi Blibli Cinta Bumi di Surabaya X Beauty selama 3 hari.

VP Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan mengatakan, keterlibatan Blibli Cinta Bumi di Surabaya X Beauty merupakan wujud komitmen perusahaan menerapkan konsep Environmental, Social, Governance (ESG) di setiap kebijakannya, sejalan dengan prinsip Blibli sebagai e-commerce dengan bisnis berkelanjutan.

Blibli sendiri telah menerapkan prinsip ESG di berbagai kegiatan operasionalnya. Diantaranya daur ulang sampah plastik dan kardus kemasan, penanaman pohon, waste upcycling, pembangunan tank tadah hujan dan mengolahnya untuk keperluan operasional di berbagai gudang Blibli.

Baca juga: Blibli Tebar Promo Diskon hingga 90 Persen untuk Beli Produk Persiapan Bulan Ramadhan

"Bagi Blibli, upaya ini menjadi penting untuk memastikan kegiatan bisnis perusahaan bisa memberikan dampak positif terhadap pemberdayaan dari aspek-aspek yang termasuk di dalam ESG. Jika diterapkan secara strategis, prinsip ESG pun dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas dan efektivitas operasional, sehingga perusahaan bisa terus tumbuh secara berkelanjutan, baik dari segi bisnis maupun pengaruhnya terhadap komponen di dalam ESG," ujar Yolanda dalam siaran persnya, Rabu (6/4/2022).

Lebih lanjut Yolanda menuturkan, sejalan dengan prinsipnya, Blibli Cinta Bumi berupaya meningkatkan kesadaran konsumen akan isu lingkungan dari penggunaan produk kecantikan dengan mengajak mereka mendaur ulang kemasan produk.

Dalam hal ini, Blibli Cinta Bumi menghadirkan tiga lokasi drop box dimana pengunjung bisa menaruh kemasan kosong kosmetiknya.

Pengunjung pun mendapatkan insentif berupa token untuk bermain games menarik dengan hadiah berupa produk dan alat kecantikan.

Seluruh sampah kosmetik ini selanjutnya akan diolah kembali menjadi barang baru bersama mitra-mitra Blibli yang turut melibatkan komunitas perempuan, difabel, dan pengungsi, sesuai konsep sustainable business berbasis ESG oleh Blibli, yang dalam hal ini terkait dengan pemberdayaan komunitas.

Baca juga: Cegah Peredaran Barang Palsu dan Berantas Barang Bajakan, Ini yang Dilakukan Blibli

Aksi Blibli dalam menginspirasi para beauty enthusiast untuk tampil cantik dan baik sambil merawat keberlangsungan lingkungan pun tidak berhenti sampai di sini.

Blibli akan melanjutkan kolaborasinya bersama Female Daily selaku penyelenggara Surabaya X Beauty dengan hadir di acara Jakarta X Beauty yang digelar pada Juli 2022.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.