Kompas.com - 06/04/2022, 17:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bulan Ramadhan, para pekerja tentu sedang menanti saat cairnya Tunjangan Hari Raya (THR).

Saat menerima THR, seorang pekerja perlu untuk mengatur pengeluaran agar THR tidak hanya lewat begitu saja.

Financial Planner Nadia Harsya mengatakan, setidaknya ada tiga tips cara mengatur THR agar menjadi lebih bermanfaat.

Baca juga: Hanya Ada di Indonesia, Ini Sejarah dan Asal Usul Adanya THR

"Kita harus dapat mengatur THR untuk keperluan hari raya, bayar utang, dan untuk investasi," kata dia dalam Webinar Cara Jitu kelola Dana THR Rabu (6/4/2022).

Ia mengatakan, ketika Ramadhan pengeluaran lain selain pengeluaran rumah tangga memang membengkak. Ia bilang, ada banyak faktor yang mempengaruhinya.

Pertama adalah harga barang yang meningkat menjelang Lebaran. Sudah bukan rahasia umum lagi menjelang Idul Fitri harga beberapa barang cenderung meningkat. Menurut Nadia, hal seperti ini tidak dapat dihindari.

Pengeluaran membengkak juga kerap datang dari keinginan untuk memilih menu berbuka, sahu, dan tajil yang mewah dan berbeda dengan hari biasa. Lainnya, pengeluaran sosial selama bulan Ramadhan cenderung meningkat, misalnya dengan menghadiri acara buka puasa bersama teman.

Kemudian, promo dan diskon di bulan Lebaran juga dapat menjadi faktor yang membuat kocek pekerja kian cekak ketika tidak mampu menahan godaannya.

"Untuk itu, kita perlu memiliki perencanaan belanja yang tertulis, kita catat pengeluaran apa saja yang dibutuhkan selama bulan Ramadhan," ujarnya.

Setelah mengatur pengeluaran, seseorang yang baru saja menerima THR juga perlu untuk menilik utang yang dimiliki.

Baca juga: Tak Mampu Bayar THR secara Penuh, Perusahaan Diminta Buka Laporan Keuangan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.