Darwin Cyril Tekankan Perlunya Pendekatan Berbeda dalam Penanganan IKNB

Kompas.com - 06/04/2022, 18:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Darwin Cyril Noerhadi menilai perlu adanya pendekatan yang berbeda dalam penanganan masalah di industri keuangan non bank (IKNB), mengingat banyaknya subsektor di industri tersebut.

Menurutnya, IKNB menjadi sangat berbeda dengan dua sektor utama lainnya yang diawasi oleh OJK, yakni perbankan dan pasar modal.

"Perbedaannya adalah banyak variasinya. Kalau kita lihat regulasi yang ada di IKNB perlu mengatur berbagai hal," kata Darwin Cyril, dalam gelaran fit and proper test, di Komisi XI DPR RI, Rabu (6/4/2022).

Baca juga: Darwin Cyril Beberkan Visi dan Misinya sebagai Calon Ketua Dewan Komisioner OJK

Lebih lanjut Ia menjabarkan, IKNB terdari dari berbagai macam jenis industri keuangan, seperti asuransi umum, asuransi jiwa, dana pensiun, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), hingga Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP).

"Kemudian juga bidang syariah, kemudian Indonesia investment syariah, jadi variasi dari institusi yang ada membuat kita harus mencari benang merah, apa persamaan mereka," ujarnya.

Salah satu persamaan dari variasi IKNB, Darwin bilang, ialah seluruh institusi memberikan pinjaman, namun bukan sebagai pengumpul deposito, sehingga berbeda dengan perbankan.

Baca juga: Calon Ketua DK OJK Mahendra Siregar Bantah Pandangan jika OJK Dibiayai Iuran Pelaku Jasa Keuangan

"Perbedaan variasi industri keuangan non bank membuat pendekatan yang berbeda terhadap berbagai masalah di industri ini termasuk fintech," kata Darwin Cyril.

Pembenahan pengawasan terhadap IKNB menjadi sejalan dengan timeline 100 hari pertama yang disiapkan Darwin apabila terpilih menjadi Ketua Dewan Komisioner OJK.

Darwin yang saat ini juga menjabat sebagai Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi memastikan, dalam 100 hari pertama kepemimpinannya, OJK akan bergerak fokus pada permasalahan yang bersifat high impact.

"Yaitu masyarakat terlindungi, deteksi dini, bekerjasama dengan media," ucap Darwin Cyril.

Baca juga: Mahendra Siregar Beberkan Prioritasnya sebagai Calon Ketua Dewan Komisioner OJK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.