Kesiapan Mudik Lebaran via Jalur Darat, Menteri PUPR: Jalan Nasional Mantap 91,8 Persen

Kompas.com - 06/04/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan progres kesiapan jalan nasional di Indonesia jelang mudik Lebaran 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini kesiapan jalan nasional yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali sudah sebesar 91,8 persen.

Masing-masing jalan nasional di sumatera 7.900 Km, Jawa dan Bali sepanjang 5.350 Km, Kalimantan 6.550 Km, Sulawesi 8.780 Km, serta Maluku dan Papua 18.400 Km.

"Saat ini panjang jalan nasional yang akan dilalui oleh pemudik di Indonesia ada 47.000 kilometer dengan kemantapan secara nasional 91,8 persen," ujar Basuki saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Rabu (6/4/2022).

Baca juga: Antisipasi Macet Mudik Lebaran, PUPR Siapkan Jalan Tol Japek II Selatan

Proses persiapan jalan tol dan nontol di Indonesia

Dia pun menjabarkan proses persiapan jalan tol dan jalan non-tol di seluruh Indonesia, sebagai berikut:

1. Pulau Jawa

Untuk jalan tol di Pulau Jawa sepanjang 1640 Km, Kementerian PUPR tengah mengebut pengerjaan pelebaran jalan Tol Jakarta-Cikampek di jalur B yang ditargetkan selesai H-10.

Kemudian, pembangunan jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan disiapkan untuk mengantisipasi arus macet saat mudik Lebaran.

Dia menjelaskan, jalan nasional non-tol sepanjang 4.900 Km dari lintas utara, tengah, selatan, dan pantai selatan Jawa saat ini dalam kondisi mantap 94,2 persen.

Baca juga: Kemenhub Prediksi Sebanyak 36,17 Juta Orang Akan Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

Kementerian PUPR tengah menangani ruas Sumedang-Cijelag KM 68+600, pembersihan area terdampak erupsi Gunung Semeru, menangani Jembatan Cisiih di KM 256 ruas jalan Bayah-Cibareno, dan memperbaiki ruas bidang Bedahan.

Kementerian PUPR juga akan segera meresmikan Jembatan Ploso yang membentang di atas Sungai Brantas yang pembangunannya berlangsung hampir dua tahun.

"Hampir 2 tahun baru bisa diselesaikan dan kami tadi sudah lapor ke Pak Presiden sudah bisa diresmikan dan kami diminta untuk meresmikan karena untuk melayani arus mudik ini," ucapnya.

2. Pulau Bali

Saat ini jalan tol Mandara, Bali sepanjang 10 Km sudah dioperasionalkan. Sementara untuk jalan nasional non-tol sepanjang 363 Km di jalur utara dan selatan Bali sudah dalam kondisi mantap 98,3 persen.

Baca juga: Ngebut di Tol Bakal Kena Tilang Elektronik, Ini Besaran Denda dan Cara Mengeceknya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.