Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bayar Utang Luar Negeri, Cadangan Devisa Maret 2022 Turun Jadi 139,1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 07/04/2022, 10:52 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBank Indonesia (BI) mencatatkan penurunan cadangan devisa pada bulan Maret 2022. Adapun cadangan devisa pada Maret 2022, adalah sebesar 139,1 miliar dollar AS atau turun 1,62 persen.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono mengatakan, mengatakan, apabila dibandingkan dengan cadangan devisa pada bulan Februari 2022, sebesar 141,4 miliar dollar AS, maka penurunan yang terjadi sebesar 2,3 miliar dollar AS.

Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Maret 2022 sebesar 139,1 miliar dolar AS, menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir Februari 2022 sebesar 141,4 miliar dolar AS,” kata Erwin dalam siaran pers, Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Meningkat, Cadangan Devisa Indonesia Capai 141,4 Miliar Dollar AS Pada Februari 2022

Erwin mengatakan, penurunan posisi cadangan devisa pada Maret 2022 dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri Pemerintah. Sementara itu, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,2 bulan impor atau 7,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

“Posisi cadev juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” tambah dia.

Erwin menambahkan, Bank Indonesia dengan posisi cadangan devisa tersebut, memandang masih dalam posisi yang memadai. Apalagi, stabilitas dan prospek ekonomi tanah air tetap terjaga, seiring pemuliah ekonomi di Indonesia.

“Ke depannya Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi,” tegas dia.

Baca juga: Apa Itu Devisa: Definisi, Fungsi, Manfaat, Contoh, dan Sumbernya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com