Siap-siap, Prodia Bakal Bagikan Dividen Rp 372,97 Miliar

Kompas.com - 07/04/2022, 14:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA) memutuskan untuk membagikan dividen dari laba bersih tahun 2021. Keputusan itu diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Direktur Utama Prodia Widyahusada Dewi Muliaty mengatakan, dividen yang dibagikan sebesar 60 persen dari laba bersih tahun 2021 yang sebesar Rp 621,62 miliar.

Dengan demikian, total dividen yang dibagikan ke pemegang saham sebesar Rp 372,97 miliar.

"Dividen yang diberikan melalui RUPS itu tadi sudah bisa disampaikan 60 persen ya yang akan diberikan dari laba bersih," ujarnya dalam Paparan Publik Tahunan 2022 secara virtual, Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Larangan Beli Pertalite Pakai Jeriken Berlaku di SPBU Seluruh Indonesia

Laba bersih perusahaan yang bergerak di bidang laboratorium kesehatan ini mengalami kenaikan hingga 131,3 persen selama 2021.

Peningkatan laba bersih tersebut diiringi dengan peningkatan pendapatan bersih sebesar 41,6 persen menjadi Rp 2,65 triliun.

"Prodia memang terus mengupayakan kinerja yang baik untuk peningkatan nilai bagi pemegang saham. Shareholder values itu terus kita tingkatkan dengan berbagai upaya dan inovasi dan di tengah kesulitan pandemi," ucapnya.

Pendapatan dari masing-masing segmen pelanggan juga turut mengalami peningkatan dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan PRDA.

Segmen pelanggan individu dan rujukan dokter menyumbang masing-masing sekitar 33,8 persen dan 31,4 persen kepada pendapatan Prodia. Sedangkan, kontribusi segmen referensi pihak ketiga dan klien korporasi sekitar 21,2 persen dan 13,6 persen terhadap pendapatan perseroan.

Baca juga: Pelaku Perjalanan Luar Negeri Tak Perlu Lagi Lakukan Tes Ulang PCR

"Diharapkan pertumbuhan ini bisa terus berlanjut dengan baik sesuai dengan apa yang ada dalam balance score card kami yaitu maksimal market share dan sustainable profit," kata dia.

Pada RUPST hari ini, Prodia juga tidak mengubah susunan direksi dan komisaris perseroan, yaitu tetap terdiri dari 5 direktur, 3 komisaris, dan 2 komisaris independen seperti tahun sebelumnya.

Struktur pemegang saham PT Prodia Widyahusada Tbk juga masih sama, yaitu 51 persen dipegang oleh PT Prodia Utama, 18 persen Bio Majesty, dan 25 persen oleh masyarakat umum.

Baca juga: Banyak Tugas buat Kepala Eksekutif IKNB OJK, Siapa yang Cocok?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.