Realisasi Anggaran CSR PT Timah Naik 8 Persen dari Target Awal, Ini 3 Provinsi Penerimanya

Kompas.com - 07/04/2022, 22:30 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Anggota holding pertambangan MIND ID, PT Timah Tbk telah mengucurkan dana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) senilai Rp 54,31 miliar selama 2021.

Dana tersebut disalurkan ke Provinsi Kepulauan Riau sebesar Rp 6,68 miliar, ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar Rp 42,08 miliar dan ke DKI Jakarta sebesar Rp 1,50 miliar.
Penyaluran CSR ini lebih tinggi 8 persen dari rencana penyaluran sebesar Rp50,2 miliar.

"PT Timah Tbk terus berkomitmen untuk menyalurkan CSR nya kepada masyarakat di wilayah operasional perusahaan," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah, Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Harga Timah Melambung, Produksi PT Timah Ditarget 35.000 Ton pada 2022

Anggi menuturkan, CSR PT Timah untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan, berbasiskan potensi yang dimiliki daerah.

"PT Timah Tbk sebagai representasi negara dalam penambangan timah tidak hanya sekadar menambang, namun juga mengambil peran dalam memajukan ekonomi, pembangunan dan kemajuan daerah salah satunya melalui CSR," kata Anggi.

Penyaluran dana CSR ini terbagi dalam program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) dan program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK).

Baca juga: Susunan Terbaru Direksi dan Komisaris PT Timah, Antam dan PT Bukit Asam Usai RUPSLB

Untuk program TJSL dana yang dikucurkan sebesar Rp 31,870 miliar yang direalisasikan dalam beberapa program seperti fishing ground bersama masyarakat nelayan, Tinskubator, Eco-Village Srimenanti, Entreprenuer lidi nipah, Timah Mengajar melalui program Pendidikan beasiswa di SMAN 1 Pemali.

Kemudian mitigasi perubahan iklim dengan penanaman mangrove, membantu perkebunan masyarakat di lingkar tambang, dan pelestarian lingkungan hewan endemik dan tahura.

Baca juga: Bos Garam Achmad Ardianto Ditunjuk Erick Thohir Jabat Dirut PT Timah

Sedangkan untuk program PUMK, emiten tambang berkode TINS ini menyalurkan dana sebesar Rp 22,483 miliar dan selain itu telah melaksanakan beberapa program yakni pelatihan UMKM, promosi produk UMKM di Tins Gallery, promosi produk UMKM di Galeri Serumpun Sebalai.

Pembuatan video produksi mitra binaan, mengikutsertakan UMKM binaan ke pameran di Bangka Belitung serta Nasional (jakarta, solo, Banten) dan peningkatan kualitas mitra binaan untuk naik kelas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.