Respons Wimboh Santoso Soal Terpilihnya Dewan Komisioner OJK 2022-2027

Kompas.com - 08/04/2022, 14:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyambut baik hasil uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027.

Ia mengatakan, hal itu menjadi tahapan penting dalam estafet kepemimpinan, yang akan memperkuat peran OJK dalam menjaga stabilitas sistem keuangan khususnya terkait percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Keberlanjutan kepemimpinan ini akan lebih meningkatkan kemanfaatan OJK bagi bangsa dan negara," ujar Wimboh Santoso, dikutip dari akun resmi Instagram OJK, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Mahendra Siregar dan Mirza Adityaswara Pimpin OJK 2022-2027, Ini Prioritas yang Disiapkan

Lebih lanjut Ia bilang, selama satu dasawarsa terakhir OJK telah melalui berbagai tantangan dan dinamika dengan sinergi serta kolaborasi bersama pemerintah dan Bank Indonesia dalam melaksanakan amanat UU OJK, yakni mengawasi dan melindungi sektor jasa keuangan.

"Dewan Komisioner OJK bersama seluruh insan OJK bertekad tetap memberikan kinerja terbaiknya dan mendukung Anggota Dewan Komisioner OJK yang baru," ucap Wimboh Santoso.

Sebagaimana diketahui, Komisi XI DPR RI telah menyelesaikan rangkaian proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Anggota Dewan Komisioner (ADK) OJK periode 2022-2027.

Setelah melakukan fit and proper test terhadap 14 calon ADK OJK, Komisi XI DPR akhirnya menetapkan 7 nama ADK OJK periode 2022-2027.

Baca juga: Profil Mahendra Siregar, Wamenlu yang Ditetapkan Jadi Ketua OJK 2022-2027

"Telah disepakati secara mufakat calon dewan komisioner OJK periode 2022-2027," ujar pimpinan rapat, Kahar Muzakir, di Komisi XI DPR, Kamis (7/4/2022).

Komisi XI DPR RI sepakat untuk menetapkan Mahendra Siregar sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK dan Mirza Adityaswara sebagai Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027.

Adapun daftar lengkap Anggota Dewan Komisoner OJK terpilih periode 2022-2027 adalah sebagai berikut:

  • Ketua merangkap Anggota Dewan Komisioner: Mahendra Siregar
  • Wakil Ketua sebagai Ketua Komite Etik merangkap Anggota Dewan Komisioner: Mirza Adityaswara
  • Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap Anggota Dewan Komisioner: Dian Ediana Rae
  • Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap Anggota Dewan Komisioner: Inarno Djajadi
  • Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap Anggota Dewan Komisioner: Ogi Prastomiyono
  • Ketua Dewan Audit merangkap Anggota Dewan Komisioner: Sophia Issabella Wattimena
  • Anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen: Friderica Widyasari Dewi.

Baca juga: Mahendra Siregar, Wakil Menteri Era SBY yang Kini Jadi Ketua OJK, Apa saja Visi Misinya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.