Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Jangan Sampai Kena Denda, Pekerja dan Freelancer Wajib Tahu SPT Pajak!

Kompas.com - 08/04/2022, 16:42 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Melaksanakan kewajiban pajak bagi warga negara dan wajib pajak yang baik merupakan tanggung jawab yang harus ditunaikan. Pajak yang terkumpul kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan fasilitas umum dan lainnya.

Pajak merupakan pungutan wajib, biasanya berupa uang yang harus dibayar oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah sehubungan dengan pendapatan, kepemilikan, harga beli barang, dan sebagainya.

Melansir laman Direktorat Jenderal Pajak, orang pribadi yang telah terdaftar sebagai Wajib Pajak (WP) dan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), mempunyai kewajiban untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan.

Rini Wiranti, Senior Associate SSAJ & Associates dalam siniar OBSESIF bertajuk “Serba-serbi Laporan SPT Pajak” mengulik serba-serbi pelaporan SPT Pajak, mulai dari syarat dan langkah pelaporan, hingga sanksi yang akan didapat jika telat melakukan pelaporan SPT Tahunan.

Mengenal SPT

Bagi orang yang sudah lama terjun dalam dunia kerja, tentu tak asing mendengar istilah SPT. Nah, bagi yang belum tahu, berikut adalah definisi istilah SPT dan serba-serbi perpajakan lainnya.

Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) merupakan surat yang digunakan wajib pajak untuk melaporkan penghitungan atau pembayaran pajak, objek pajak, atau bukan objek pajak.

SPT juga digunakan untuk melaporkan harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

SPT dibagi menjadi dua, yakni SPT Tahunan Orang Pribadi dan SPT Tahunan Badan. SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Formulir 1770: Formulir ini untuk wajib pajak yang memiliki penghasilan dari usaha atau pekerjaan bebas, penghasilan dari satu atau lebih pemberi kerja. Freelancer dan konsultan termasuk kedalam jenis ini.
  2. Formulir 1770S: Formulir ini untuk wajib pajak orang pribadi yang berstatus sebagai karyawan dengan jumlah penghasilan bruto lebih dari Rp60 juta dan/atau bekerja di dua atau lebih perusahaan dalam kurun waktu satu tahun.
  3. Formulir 1770SS: Formulir ini untuk wajib pajak yang berstatus sebagai karyawan dengan jumlah penghasilan bruto tidak tidak lebih dari Rp60 juta dan hanya bekerja pada satu perusahaan atau instansi dalam kurun waktu satu tahun.

Langkah Melaporkan SPT

Pelaporan SPT bisa dilakukan secara langsung di tempat wajib pajak terdaftar, atau layanan pajak di luar kantor yang disediakan KPP (Kantor Pelayanan Pajak) atau KP2KP (Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan) tempat wajib pajak terdaftar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.