Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Minta PLN Garap Bisnis di Luar Kelistrikan, Ini Alasannya

Kompas.com - 08/04/2022, 17:31 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong PT PLN (Persero) untuk mengembangkan bisnis di luar kelistrikan atau beyond kWh dengan memanfaatkan aset yang dimiliki.

Erick menilai hal itu perlu dilakukan oleh PLN untuk menggenjot kinerja keuangan perusahaan listrik negara tersebut.

Menurut Erick, dengan masuknya PLN ke bisnis di luar kelistrikan, perusahaan bisa memperoleh pendapatan baru. Erick menilai, PLN bisa melakukan ekspansi bisnis dengan memanfaatkan aset-aset yang dimiliki perusahaan.

"PLN saat ini harus bisa ekspansi bisnis. Bukan berarti meninggalkan core bisnisnya, tetapi memanfaatkan aset untuk menjadi tambahan revenue. Pemasukan baru bukan hanya dari listrik saja," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: GoTo Listing Pekan Depan, Bagaimana Prospek Sahamnya?

Ia bilang, saat ini PLN harus menjawab tantangan kemajuan teknologi. Misalnya saja, kata dia, PLN sudah mempunyai program listrik masuk desa, maka bukan tidak mungkin PLN juga bisa membuat program yang sama seperti internet masuk desa.

"Kita sudah punya infrastruktur kabel jaringan. Ini sayang kalau tidak dimaksimalkan. Dengan pemanfaatan aset yang ada mampu menekan investasi," kata Erick.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pengembangan unit bisnis beyond kWh sudah menjadi agenda utama PLN, khususnya dalam proses transformasi.

"Kami melihat adanya potensi meraup pendapatan tambahan dari bisnis beyond kWh ini sebesar 10-20 persen dan ini kami optimalkan agar terus meningkat," ucapnya.

Baca juga: Angkutan Motor Gratis Khusus Pemudik Kereta Api Bakal Kembali Hadir

Saat ini bisnis Beyond kWh yang dilakukan PLN seperti I-Connet yang merupakan layanan internet bagi pelanggan listrik. Selain itu, PLN juga mempunyai layanan ListriQu yang melayani masyarakat dalam perbaikan instalasi kelistrikan.

"Kami juga sudah membangun marketplace yang ter-bundling di PLN Mobile sehingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan kebutuhan kelistrikannya maupun produk UMKM binaan PLN," kata Darmawan.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 26 Sudah Dibuka, Segera Daftar di www.prakerja.go.id

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com