Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZenPro Hadirkan Kursus Digital Marketing untuk UMKM Indonesia

Kompas.com - 08/04/2022, 21:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform teknologi informasi Zenius menghadirkan program kursus pelatihan strategi digital marketing bagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Kursus ini tersedia di platform ZenPro.

ZenPro merupakan layanan pembelajaran dalam ekosistem Zenius, dan dapat diakses secara gratis dengan menggunakan Kartu Prakerja.

AVP Marketing Lifelong (ZenPro) Ary Mozta mengatakan, seiring dengan akselerasi teknologi, digital marketing menjadi keterampilan yang vital untuk dikuasai. Sebab, hampir semua bisnis membutuhkannya, terlebih para pelaku UMKM di Indonesia.

"Misalnya saja, pelaku UMKM yang mampu menerapkan digital marketing dengan tepat bisa mencapai potensi pertumbuhan pendapatan hingga 3 kali lipat, dengan anggaran 40 persen lebih kecil. Karena itu, diharapkan kursus ini bisa membekali semua peserta dengan kemampuan yang praktis dan bisa langsung diterapkan dalam bisnis mereka,” kata dia dalam siaran pers.

Baca juga: Nilai Limit Lelang Aset Tommy Soeharto Susut Rp 300 Miliar, Ini Penjelasan Kemenkeu

Ia menambahkan, sesi pelatihan digital marketing di ZenPro menggunakan kurikulum yang komprehensif. Pembelajaran akan disesuaikan dengan kebutuhan nyata di lingkup dunia kerja.

Materi pembelajaran mencakup berbagai hal, misalnya strategi memahami pasar dan pembeli, mengenal berbagai tools digital marketing, teknik pemasaran via media sosial, dan promosi produk di marketplace.

Ary Mozta percaya, dengan metode tersebut, semua peserta, baik yang sudah berpengalaman ataupun belum, bisa mengikuti dan menerapkan materinya.

Selain itu, kelas ini juga akan mengajarkan cara berpikir analitis. Tujuannya, untuk merancang rencana pemasaran digital yang berbasis data.

Kelas dilaksanakan dengan metode belajar mandiri. Artinya pembelajaran dilakukan lewat menonton video, membaca bacaan, dan tugas mandiri, tanpa webinar.

Hal tersebut bertujuan agar perserta bisa menyesuaikan dengan kesibukannya sendiri.

Untuk mengikuti kursus ini, pengguna bisa membuat akun melalui aplikasi Android atau website ZenPro.

Baca juga: Pemerintah Sediakan Posko Vaksinasi untuk Pemudik, Kemenhub: Jumlahnya Terbatas

Setelah itu, pengguna bisa memilih kelas pelatihan yang ingin diikuti. Peserta juga dapat memilih mitra digital Kartu Prakerja untuk memproses kelas pelatihan.

Pengguna kemudian akan mendapatkan kode voucher untuk mengklaim voucher pelatihan di halaman utama aplikasi dan website.

Saat ini, ZenPro telah menawarkan 49 kelas pelatihan dalam 12 kategori utama. Kelas pelatihan ini diampu oleh master tutor Zenius, serta para praktisi dan ahli di kompetensinya masing-masing.

Sebagian besar pelatihan ZenPro untuk Program Kartu Prakerja menitikberatkan pada topik digital marketing dan media sosial, yaitu lebih dari 50 persen.

Pada tahun 2021 sendiri, sudah ada lebih dari 250.000 peserta yang menerima manfaat Program Kartu Prakerja ini.

Baca juga: Ibu Kota Negara Pindah ke Nusantara, Bagaimana Nasib Gedung-gedung Pemerintah di Jakarta?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com