Menkop Teten: Jangan Ada Produk Impor Dalam Belanja Pemerintah

Kompas.com - 11/04/2022, 19:30 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, produk dalam negeri sangat berkualitas.

Oleh sebab itu dia meminta agar jangan ada lagi pembelian produk impor dalam belanja pemerintah.

"Produk dalam negeri kita itu sangat berkualitas, jangan lagi ada pembelian produk impor dalam belanja pemerintah untuk produk-produk yang dapat dihasilkan di dalam negeri," ujar Teten dalam jumpa pers virtual Showcase & Business Mathing Belanja Produk Dalam Negeri Alat Kesehatan, Wellness & Produk K3, Senin (11/4/2022).

Baca juga: Lewat Platform Ini, Menkop Teten Targetkan UMKM NTB Tembus Pasar Global

Teten mengaku, dirinya sudah berkomunikasi dengan pemain importir agar tidak lagi memproduksi produk-produk yang bisa diolah oleh Indonesia sendiri.

"Saya katakan ke teman-teman importir kalau produksi produk-produk yang bisa diolah oleh UMKM kita tunda impornya dan nantinya kita mengajak UMKM bermitra untuk memproduksinya," kata Teten.

Baca juga: Kerap Disoroti Jokowi, Apa Penyebab RI Masih Bergantung pada Impor Alkes?

Apalagi kata Teten, saat ini, potensi pembelian produk dalam negeri sangat besar yang dimana nilai belanja pemerintah sebesar Rp1.481 triliun dan belanja BUMN sebesar Rp 420 triliun.

"Ini juga sesuai arahan bapak Presiden agar seluruh Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah (Pemda) wajib meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, meningkatkan porsi UMKM dan koperasi dan mempercepat penyerapan APBN dan APBD melakui belanja barang/jasa pemerintah," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.