BRI Siapkan Uang Tunai Rp 46,85 Triliun untuk Periode Lebaran 2022

Kompas.com - 11/04/2022, 20:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan uang tunai pada periode Ramadhan dan hari raya Idul Fitri diproyeksi melonjak seiring dengan meningkatnya konsumsi dan ditiadakannya kebijakan larangan mudik Lebaran.

Merespons hal tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan uang tunia sebesar Rp 46,85 triliun menjelang libur hari raya Idul Fitri tahun ini, meningkat 73,5 persen dibanding periode Idul Fitri tahun lalu.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan, peningkatan jumlah penyediaan kas pada momen Lebaran kali ini disebabkan faktor kebijakan pemerintah yang meniadakan larangan mudik.

"Selain itu, adanya penambahan cuti bersama juga diproyeksikan turut mendukung lonjakan angka penyiapan uang tunai pada momen Idul Fitri tahun ini," ujar dia, dalam keterangannya, Senin (11/4/2022).

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran, BNI Siapkan Uang Tunai Rp 17,81 Triliun Per Minggu

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat pada momen Lebaran, BRI juga menyediakan layanan penukaran Uang Pecahaan Kecil (UPK) di 20 kantor cabang BRI di Jabodetabek, yang telah mulai dilaksanakan sejak 4 April hingga 29 April mendatang.

Lebih lanjut Catur bilang, perseroan juga menyediakan layanan terbatas Idul Fitri oleh 196 unit kerja operasional BRI pada tanggal 30 April, 4 Mei, dan 7 Mei 2022.

"Di mana masyarakat tetap dapat melakukan beragam transaksi perbankan, seperti penarikan, dan penyetoran simpanan dan pinjaman, registrasi e-banking, dan complaint handling," katanya.

Baca juga: BCA Siapkan Uang Tunai Rp 58,12 Triliun pada Periode Ramadhan dan Lebaran 2022

Bank pelat merah yang fokus bergerak pada segmen UMKM itu juga menghimbau nasabah untuk melakukan transaksi secara nontunai atau cashless, dengan memanfaatkan berbagai kanal digital perseroan.

"Saat ini transaksi layanan digital BRI memberikan kemudahan nasabah untuk mengakses layanan keuangan yang dibutuhkan nasabah kapanpun dan dimanapun dengan lebih praktis," tutur Catur.

Nasabah BRI juga dapat mengakses berbagai layanan perbankan di berbagai kanal lain, yakni melalui 14.425 ATM, 7.407 CRM, dan 524.000 AgenBRILink yang tersebar di berbagai daerah.

"Melalui kemudahan akses layanan perbankan, AgenBRILink dapat menjangkau masyarakat lebih dekat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," ucap Catur.

Baca juga: BI Siapkan Uang Tunai Rp Rp 175,2 triliun Selama Periode Ramadhan dan Lebaran 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.