Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Buka 2.700 Lowongan Kerja, Simak Persyaratannya

Kompas.com - 12/04/2022, 18:23 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.700 lowongan kerja tersedia BUMN bagi lulusan Diploma, S1, dan S2. Melalui Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022, lowongan kerja itu tersebar di 50 perusahaan berpelat merah.

"Rekrutmen ini punya peran penting, agar keberlanjutan kepemimpinan di BUMN diisi oleh figur-figur muda yang tidak saja punya kapasitas, tapi juga akhlak yang baik," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam peluncuran Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Selasa (12/4/2022).

Beberapa BUMN yang membuka perekrutan di antaranya PT Pertamina (Persero) yang melalui PT Pertamina Patra Niaga membuka lowongan untuk posisi operator dan sales branch. Lalu ada pula PT Pertamina Gas yang membuka lowongan untuk posisi junior auditor, junior analyst, hingga supervisor district operation.

Baca juga: Erick Thohir Resmikan Pembukaan 2.700 Lowongan Kerja di BUMN

PT PLN (Persero) membuka lowongan untuk posisi assistant analyst pemasaran dan pelayanan pelanggan, assistant engineer pemeliharaan jaringan, assistant Engineer perencanaan dan evaluasi sistem distribusi, hingga assistant engineer operasi real time.

Selain itu, bank-bank pelat merah pun turut membuka lowongan pekerjaan. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membuka lowongan untuk posisi data analyst and data engineer, serta relationship manager.

Selanjutnya ada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang membuka lowongan untuk posisi banking staff. Sementara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk membuka lowongan untuk posisi business origination-admin kredit hingga business origination-remedial recovery.

Sedangkan PT Bank Tabungan Negara (Persero) membuka lowongan untuk posisi junior branch funding sales, branch funding support, loan service, dan loan officer.

Baca juga: Lowongan Kerja Kimia Farma untuk D1 hingga S1, Simak Posisi dan Persyaratannya

Tak hanya itu, perusahan BUMN lainnya yang membuka lowongan kerja ada PT KAI (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Pupuk Indonesia (Persero), PT PP (Persero) Tbk, hingga Holding Mining Industry Indonesia (MIND ID).

Terdapat beberapa persyaratan umum dalam lowongan tersebut. Berikut syaratnya:

  • Warga negara Indonesia
  • Usia maksimal per 25 April 2022 yaitu 27 tahun untuk jenjang pendidikan Diploma I/II/III, 30 tahun untuk S1/D3, serta 35 tahun untuk S2
  • IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
  • Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba
  • Memiliki dokumen SKCK dari Kepolisian
  • Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada
  • Rekomendasi komunitas (berprestasi di Bidang olahraga/seni/digital creator/start up) jika ada

Baca juga: Astra Credit Companies Buka Lowongan Kerja, Ini Posisi yang Dicari

Adapun periode pendaftaran dibuka dari tanggal 14 April-25 April 2022 dan dilakukan secara online melalui laman https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/. Seluruh proses seleksi dilakukan secara online sehingga pengumuman tiap tahapan seleksi diberitahu melalui laman resmi tersebut.

Perlu diketahui pula, seluruh tahapan rekrutmen tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada pihak yang meminta biaya atau menjanjikan sesuatu atau menawarkan bantuan atas proses rekrutmen dapat melapor ke Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Baca juga: Lowongan Kerja Honda Prospect Motor, Simak Posisi dan Persyaratannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com